Anjuran Dokter, Hindari Mencuci Muka Setelah Terpapar Sinar Matahari

- 8 Maret 2024, 20:53 WIB
Mencuci muka/pexel.
Mencuci muka/pexel. /


HARIAN BOGOR RAYA - Anjuran yang perlu diikuti karena memang sangat  tidak baik untuk kesehatan kulit saat beraktivitas  diluar ruangan langsung membersihkan wajah.

Kata dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Saskia Retno Ayu Hapsari, Sp. DV.E menganjurkan untuk tidak langsung mencuci muka setelah beraktivitas di luar ruangan atau terpapar sinar matahari.

"Suhu kulit itu masih panas memang sebaiknya tidak boleh cuci muka. Kita diturunkan dulu suhu kulitnya sekitar 10 menit atau 15 menit habis itu boleh cuci muka," ujarnya dikutip dari Antara, Jum'at 8 Maret 2024.

Baca Juga: Langkah Atasi Wajah Anda yang Kelelahan

Apabila terlalu sering langsung mencuci muka setelah terpapar sinar matahari, kata Saskia, akan membuat kulit menjadi rusak dan lebih kering, tambahnya.

Efek lainnya akan berdampak  pada bercak-bercak hitam pada kulit wajah seperti noda yang menempel untuk itu Sakia menganjurkan  bagi yang sering beraktivitas di dalam ruangan cukup dua kali mencuci muka pagi dan malam hari.

Baca Juga: Pengetahuan Penting Soal Sebum Hingga Pengaruh Kondisi Zona T Wajah

Dan untuk yang sering beraktivitas di luar ruangan sehingga lebih sering terkena debu dan kotoran atau memiliki jenis kulit wajah berminyak, dianjurkan untuk mencuci muka sebanyak tiga kali sehari.

"Jangan terlalu sering juga, nanti kulitnya rusak malah gampang iritasi," ujarnya.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x