Temuan Menarik Daun Stevia dan Manfaatnya

- 26 Maret 2024, 21:07 WIB
Daun Stevia/Tangkap layar YouTube
Daun Stevia/Tangkap layar YouTube /


HARIAN BOGOR RAYA - Daun stevia kalau kita perhatikan sebenarnya banyak di lingkungan kita, namun karena namanya yang jarang muncul baik sebagai tanaman herbal maupun sebagai tanaman lainnya namun belakangan dau stevia banyak dicari untuk bahan pemanis. 

Wallaupun jarang orang yang tahu namanya tapi tanaman ini pernah Anda lihat, ditangan ahli herbal yaitu Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang dan Kamu Indonesia ( PDPOTJI) Inggrid Tania mengungkapkan penemuan menarik terkait daun tersebut.

Menurutnya daun stevia selain dikenal sebagai pemanis nol kalori dan bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, daun stevia juga memiliki khasiat sebagai imunomodulator, utamanya saat Ramadhan dan cuaca yang tidak menentu.

Baca Juga: Deretan Air Rebusan Tanaman Herbal Bantu Turunkan Darah Tinggi

Daun stevia dapat membantu tubuh manusia dalam merespons dengan lebih optimal terhadap patogen yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

"Stevia bisa membantu sistem imun kita untuk bisa merespons secara seimbang, misalnya dengan membantu sistem imun adaptif sehingga sel-sel imun menjadi responsif atau sesuai dalam memberikan respons terhadap suatu patogen," ujarnya dikutip dari Antara, Selasa 26 Maret 2024.

Baca Juga: Hal Penting Soal Obat Herbal dan Penggunaan Obat Herbal

Pentingnya penggunaan daun stevia sebagai bahan herbal karena sebagai imunomodulator yang dapat membantu tubuh dalam memberikan respon yang tepat terhadap patogen yang masuk ke dalam tubuh.

"Patogen atau mikroorganisme tersebut di antaranya adalah virus, bakteri, jamur, dan parasit, serta juga dapat membantu meregulasi tubuh kita agar sistem imun mampu merespons stimulus atau bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi atau pemicu hipersensitivitas dan juga dapat membantu menekan atau mencegah sel kanker," kata Inggrid.

Tanaman yang mengandung  sifat yang sama dengan dau stevia adalah dauh teh, atau " Camellia Sinensis", Jahe " Zingiber Officinale," dan Ketumbar " Coriandrum Sativum" seperti dikatakan Inggrid.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x