7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan, Herbal yang Membuat Kulit Sehat?

- 12 Februari 2024, 23:00 WIB
Berikut Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
Berikut Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan /Pixabay/Braico

HARIAN BOGOR RAYA - Mengkudu adalah buah yang berasal dari tanaman cemara tropis. Buah ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan sistem kekebalan dan detoksifikasi tubuh. Meski memiliki rasa yang pahit, manfaat buah mengkudu sebagai obat herbal tak perlu diragukan lagi.

Buah mengkudu yang berwarna hijau mengilap dan memiliki totol putih ini mampu tumbuh hingga ketinggian 4-8 meter. Tak semua orang menyukai buah mengkudu ini karena daging buahnya memiliki tekstur lembek dan berbau tajam.

Buah mengkudu mampu mengobati berbagai penyakit dan cukup populer. Bahkan, kini banyak produk obat-obatan herbal yang mengandalkan ekstrak buah dengan kulit berbintik-bintik ini.

Baca Juga: Penting, Ibu Hamil yang Stunting Wajib Tahu Langkah Agar Bisa Lahirkan Bayi Sehat

Untuk mengenal lebih dalam kandungan serta manfaat dari mengkudu. Berikut manfaat mengkudu untuk kesehatan

1. Mendukung Kesehatan Jantung
Jus buah noni dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Kolesterol baik memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh kita. Sementara kolesterol jahat secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti halnya peradangan kronis. Satu studi yang melibatkan perokok berat menemukan bahwa mengonsumsi jus mengkudu secara rutin dalam satu bulan, mampu mengurangi kadar kolesterol jahat secara signifikan.

2. Mengurangi Risiko Kanker
Kandungan antioksidan dalam mengkudu telah dikaitkan dengan kemampuannya untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak mengkudu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tertentu, seperti kanker payudara, prostat, dan kolorektal.

3. Meredakan Gejala Asam Urat
Buah mengkudu dengan nama latin Morinda citrifolia berkhasiat untuk meredakan gejala asam urat. Efek terapeutik buah mengkudu mampu menyembuhkan penyakit asam urat. Efektivitas tersebut terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh tindakan penghambatan enzim xanthine oxidase dalam asam urat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu mendukung efek kuratif yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun.

4. Mengindari Stres
Jus mengkudu diketahui efektif untuk membantu mengatasi stres dan melindungi fungsi kognitif otak. Reaksi kimia akibat stres bisa membahayakan tubuh, hal inilah yang bisa dihindari berkat konsumsi buah noni.

Baca Juga: Manfaat Akar Pinang Untuk Kesehatan, Benarkah Salah Satunya Untuk Meningkatkan Gairah Kaum Pria?

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x