Mendengarkan Musik Favorit Bantu Mengubah Emosi Seseorang

- 27 Mei 2024, 21:26 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Penelitian mengungkapkan seseorang yang mendengar musik favorit lebih sehat mentalnya dari tekanan yang yang dialami pada rutinitas sehari-hari.

Hal ini dikatakan dari sebuah penelitian di New York mencari tahu bagaimana musik dapat mengubah emosi seseorang dan meningkatkan mood pikiran serta hati yang bahagia.

Baca Juga: 10 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Sedih Bisa Tingkatkan Mood

Dari penelitian sebanyak 40 pasien katarak dengan rata-rata usia 74 tahun menjadi suka rela dalam uji coba, peserta bebas memutar musik kesukaan yang disimak melalui headphone, baik sebelum di operasi maupun sesudah operasi.

Dilaporkan bahwa mereka yang mendengarkan musik memerlukan obat yang jauh lebih sedikit. Pasien yang mendengar musik juga memiliki tekanan darah dan detak jantung yang lebih rendah serta kadar hormon stres adrenalin dan sitokin interleukin-6 yang memicu peradangan.

Baca Juga: Studi Ungkap Kemanjuran Mendengarkan Musik untuk Pengobatan dan Suasana Hati

Studi berikutnya di Italia terhadap 24 sukarelawan sehat (setengahnya adalah musisi yang mahir), menemukan bahwa tempo dalam musik bisa jadi penentu.

Musik lambat atau meditatif menghasilkan efek relaksasi tempo yang lebih cepat menghasilkan semangat, tetapi segera setelah musik upbeat berhenti, detak jantung dan tekanan darah peserta cenderung turun, juga memicu relaksasi.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah