Fakta Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan dan Obat Hilangkan Rasa Cemas

- 17 Juni 2024, 20:36 WIB
penikmat musik berpendapat/@ugdani/HBR
penikmat musik berpendapat/@ugdani/HBR /


HARIAN BOGOR RAYA- Mendengarkan musik merupakan salah satu cara menghilangkan rasa stres dan kecemasan, hal ini juga diungkapkan pengamat Jason Kiernan asisten profesor di College of Nursing menyebut bahwa intervensi  mendengarkan musik bagaikan obat yang dijual bebas.

"Rasa sakit dan kecemasan adalah fenomena neurologis dan ditafsirkan di otak sebagai suatu keadaan. Mual akibat kemoterapi bukanlah kondisi perut, itu adalah kondisi neurologis," ujarnya dilansir dari laman Hindustan Times.

Hal ini juga sudah dibuktikan oleh para penikmat musik bahwa mendengarkan musik dapat mengembalikan pikiran yang kusut dan memulihkan rasa mood yang tidak stabil.

Baca Juga: 10 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Sedih Bisa Tingkatkan Mood

Penulis artikel ini juga membenarkan selain mengembalikan rasa galau mendengarkan musik dapat membantu menurunkan tingkat stres karena irama musik membuat pikiran fresh  sehingga otak akan kembali bekerja kembali.

Para seniman juga sependapat bahwa musik dapat memberikan inspirasi untuk berkarya, dan hal ini juga sudah terbukti bahwa musik dapat mengembalikan semangat.

Kembali pada pendapat Kiernan bahwa dari studi lain yang diterbitkan sebelumnya yang mengukur jumlah serotonin, neurotransmitter, yang dilepaskan oleh trombosit dalam darah setelah mendengarkan musik yang tidak menyenangkan, artinya bahwa mendengarkan musik haruslah dengan jenis musik yang kita sukai.

Baca Juga: Ini Bahayanya Dengarkan Musik Memakai Handset Terlalu Lama

Menarik kesimpulan penulis artikel ini merangkum bahwa mendengarkan musik juga dengan jenis lagu yang kita senangi agar ada rasa selaras dengan hati.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah