Melihat Lebih Dekat Patung Moai di Pulau Paskah Yang Melegenda

- 25 Januari 2023, 08:41 WIB
Patung Moai/akun facebok Museum of Artifacts
Patung Moai/akun facebok Museum of Artifacts /

 

HARIAN BOGOR RAYA-Foto ini diunggah dari akun facebok Museum of Artifacts, dengan tampilan poto patung moai bersejarah  berlokasi di bawah lembah, artifacts ini sangat unik dan menyimpan misteri yang harus diungkap.

Menurutnya seperti yang dikatakan pada postingan terebut, " El Gigante " , yang terletak di tambang Rano Raraku adalah patung Pulau Paskah yang pernah  diukir, Jika selesai, itu akan memiliki tingginya 21,7 m ( 71 kaki). Hampir dua kali lipat dari moai yang pernah selesai, dan beratnya diperkirakan 270 ton, berkali-kali berat dari setiap yang diangkut. " Tulisnya.

Banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang sering kita lihat pada media-media salah satu nya adalah petung yang berukuran besar di Pulau Paskah Samudera Pasifik milik Chili.

Baca Juga: Mengenal Meong Congkok dan Populasinya yang Langka di Jawa Barat

Patung moai terletak di Pulau Paskah bagian timur Polinesia, patung ini adalah patung-patung pahatan orang-orang Rapanui pada tahun 1250 dan 1500.

Dikutip dari berbagai sumber patung moai adalah patung-patung monolit yaitu dibentuk dari bebatuan bentukan alami/geologis atau buatan/teknologi seperti gunung yang tersusun dari batuan tunggal yang masif.

Yang menarik dari patung-patung ini adalah cerita legenda penduduk setempat konon diceritakan seorang kepala suku saat mencari rumah baru, lokasi yang ia pilih di lokasi tersebut yang dia pilih yang saat ini dikenal Pulau Paskah.

Baca Juga: Dua Unit Sepeda Motor Raib di Gondol Maling, Polsek Rumpin Lakukan Penyelidikan

Ketika ia meninggal konon pulau-pulau tersebut dibagi-bagikan untuk para anak lelakinya, nah setiap kepala dari suku ini meninggal maka diletakkan sebuah patung moai di makam kepala suku tersebut.

Seperti dilansir dari beberapa sumber penduduk setempat mempercayai patung tersebut untuk menangkap " mana " atau kekuatan gain kepala suku tersebut.

Menurutnya dengan menjaga " mana " di pulau tersebut akan mendapatkan keberuntungan dan keberkahan seperti hujan yang akan turun yang akan menumbuhkan tanaman.

Baca Juga: Jadwal TV RCTI dan GTV Rabu 25 Januari 2023, Saksikan Preman Pensiun hingga Doomsday

Namun legenda ini belum bisa dipastikan dari cerita aslinya mungkin berbeda lantaran sudah turun temurun dari berbagai generasi, apapun versinya tapi patung moai menjadi saksi sejarah, dari berbagai sumber. ****

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x