Hari Ini Dalam Sejarah, Selain May Day Juga Merupakan Hari 'Cinta ' Sedunia

- 1 Mei 2023, 10:15 WIB
Selain May Day  Juga Merupakan Hari 'Cinta ' Sedunia/fixabay
Selain May Day Juga Merupakan Hari 'Cinta ' Sedunia/fixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Masyarakat sudah mengenai tanggal  1 Mei sebagai peringatan Hari Buruh Sedunia atau  May Day.


Hari Buruh  Sedunia dilatar belakangi saat peristiwa unjuk rasa untuk menuntut perusahaan McCormick Harvesting Machine Company di Amerika Serikat dengan menggelar aksi besar-besaran pada tahun 1886.

Peristiwa ini yang dikenal  dengan Haymarket Riot yaitu insiden besar-basaran antara polisi dan massa buruh  hingga terjadi kericuhan kemudian Federasi Internasional dari kelompok soal menyepakati pada tanggal 1 Mei sebagai hari Buruh.

Baca Juga: Hari Ini Dalam Sejarah, Kekuatan Musik Jazz Sebagai Pesan Perdamaian

Di Indonesia baru ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 2013 saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencantumkan 1 Mei Sebagai Hari Buruh dan Libur Nasional.

Masih dalam catatan sejarah tanggal 1 Mei juga merupakan hati ditetapkan Pembebasan Irian Barat kepada Indonesia pada tanggal 1 Mei 1963.

Konflik yang terjadi Indonesia dengan Belanda merupakan perebutan wilayah Irian Barat masuk menjadi bagian Hindia Belanda, dalam perjalanan sejarah akhirnya terjadi kesepakatan  Belanda menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia walaupun sebelumnya Belanda menolak melakukan perundingan terkait penyerahan Irian Barat.

Baca Juga: Sejarah Hari Buruh atau May Day yang Diperingati Setiap Tanggal 1 Mei

Sejumlah tokoh ikut berperan dalam usaha merebut Irian Barat seperti Yos Sudarso, Ali Sastroamidjojo, AH Nasution dan nama lainnya, upaya Indonesia untuk melakukan diplomasi hingga terjadi konfrontasi bersenjata, sampai akhirnya berhasil merebutnya berdasarkan Jajak Pendapat Rakyat dan disahkan PBB.

Hari Cinta Sedunia juga diperingati pada tanggal 1 Mei dicetus oleh The Love Foundation bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta sesama manusia dalam bentuk kasih sayang dan perdamaian.

Pada hari cinta Sedunia  diharapkan oleh penggagasnya dapat menciptakan kasih sayang antar umat manusia dan perdamaian dunia.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x