Perlu Diperhatikan Saat Berkendara Pada Kontur Jalan Rusak

- 8 Mei 2023, 12:35 WIB
Jalan rusak/fixabay
Jalan rusak/fixabay /


HARI BOGOR RAYA -  Bagi pengendara kondisi jalan rusak adalah sebuah tantangan agar lebih berhati-hati dan diperlukan kelihaian dalam membawa kendaraan.

Kondisi jalan Indonesia yang beragam memang harus disikapi terlebih para pihak terkait harus  lebih cepat dan respon saat ada jalan rusak dan berlubang.

Untuk itu diperlukan kewaspadaan dan kecermatan bagi para pengendara untuk lebih berhati-hati, terlebih kendaraan mobil sedan saat melintas di jalan yang tidak mulus.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pastikan Pemerintah Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Beberapa Titik di Provinsi Lampung

Hal ini seperti dikatakan pengamat offroad Julian, ia menyarankan pada saat melintas jalan rusak perlu teknik dan lakukan jalan zig-zag untuk menghindari gesekan ban dengan fender.

"Kita tidak bisa main tarik garis lurus saja kalau melintasi jalur rusak. Pengendara memang harus rajin zig-zag untuk hindari yang namanya gesrot (ban bergesekkan dengan fender)," kata Julian dikutip Harian Bogor Raya dari Antara, Senin 8 Mei 2023.

Menurutnya trik berkendara zig-zag saat melintasi jalan rusak untuk tipe sedan sangat penting karena jenis ini tidak memiliki ketinggian seperti jenis kendaraan pada umumnya.

Baca Juga: VIDEO: UPDATE Penutupan Jalan Otista Suasana Arus Lalin di Kota Bogor

Potensi kerusakan itu biasanya ball joint di bagian suspensi depan, setelah itu yang sering juga kena dan jadi korban ketika sering dikebut ketika lewat jalur rusak itu adalah bushing arm," ujar Julian.

Selain itu menurutnya kerusakan juga sering terjadi pada kaki-kaki dibagian depan karena memiliki beban berat dan berpotensi menghantam benda terlebih dulu.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x