Bagaimana Cara Kerja Merpati Pos Agar Sampai di Tujuan Untuk Membawa Pesan?

- 24 Juni 2023, 07:14 WIB
Merpati pos/tangkap layar YouTube
Merpati pos/tangkap layar YouTube /


HARIAN BOGOR RAYA - Sebelum lahirnya internet dan gadget sebagai alat komunikasi dahulu surat menyurat merupakan alat komunikasi yang kita kenal untuk menyampaikan pesan.

Pentingnya menyampaikan pesan sebagai alat penyambung juga mengalami perkembangan jaman sejak jaman kerajaan kita sudah mengenalnya melalui sejarah dimana sang raja menyampaikan pesan melalui utusan raja untuk membawa pesan dari rajanya melalui daun lontar yang dibawa berisi pesan sang raja.

Hingga jaman terus berganti di era perjuangan bangsa-bangsa yang tengah mencari jati diri pesan melalui surat menyurat terus berlangsung yang kita kenal telegram atau surat elektronik namun ada hal yang menarik dari sejarah perjalanan komunikasi yaitu burung merpati pos.

Baca Juga: Fakta Unik Burung Gagak Yang Kamu Harus Tahu

Merpati pos merupakan alat perjuangan untuk menyampaikan pesan melalui alamat yang dituju, para pejuang dahulu menjadikan merpati pos sebagai pengantar surat.

Nah bagaimana cara kerja merpati pos mengapa bisa mengetahui alamat yang dituju?

Seperti diketahui merpati merupakan burung yang memiliki kekuatan terbang dan bisa mengetahui alamat rumahnya  meskipun berjarak jauh.

Baca Juga: 91 Burung Langka Jenis Kakatua dan Nuri yang Dilindungi Berhasil Diselamatkan

Melalui daya ingat yang kuat serta memiliki sensorik dimata dan hidungnya merpati dapat mengetahui rute arah kembali untuk ke rumahnya.

Merpati juga memiliki daya magnetik dan daya ingat yang kuat saat kita melepaskan dari jarak ribuan kilometer dia akan kembali sampai ke rumahnya.

Nah dari sinilah merpati dijadikan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan, caranya dengan pertukaran burung antara si A dan si B atau si A dengan si F dan seterusnya.

Baca Juga: Mengenal 5 Keahlian Burung Garuda, Simbol Nasional Indonesia

Jika salah satu ingin menyampaikan pesan misalnya si F akan menyampaikan pesan kepada si A, maka burung milik si A akan dilepaskan dari kandangnya dan surat akan diselipkan melalui gelang kaki maka burung si A akan sampai di rumah si A yang telah terlebih dahulu dengan cara titip rawat begitu juga sebaliknya dan seterusnya untuk para pemilik burung si B, C,.

Nah begutulah cara kerja merpati pos yang digunakan para pendahulu kita sebelum berkembangnya alat komunikasi yang kita kenal selama ini.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x