Deretan Penyematan Nama Soekarno di Berbagai Negara di Dunia, Dua di Pakistan

- 22 September 2023, 23:20 WIB
ilustrasi Soekarno Sebut Pancasila,Tanggal 1 Juni Diperingati Sebagai Hari Lahir Pancasila, Peristiwa Penting Libur Tanggal Merah 1 Juni 1945
ilustrasi Soekarno Sebut Pancasila,Tanggal 1 Juni Diperingati Sebagai Hari Lahir Pancasila, Peristiwa Penting Libur Tanggal Merah 1 Juni 1945 /ANRI/

HARIAN BOGOR RAYA - Nama Soekarno terkenal seantero dunia ini. Sebagai presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang pertama, Soekarno juga sosok proklamasi. Nama Soekarno kini dipakai di beberapa negara sebagai nama bangunan hingga nama jalan.

Beberapa negara menyematkan nama Soekarno itu  sebagai bentuk penghormatan. Selain itu juga ada hubungan bilateral antara Indonesia dan negara tersebut yang dirintis oleh Soekarno dahulu kala.

Berikut beberapa penyematan nama Soekarno di berbagai negara, baik di bangunan, perangko, hingga nama jalan:

Baca Juga: Dishub Kota Bandung Ungkap Alasan Durasi Lampu Merah di Jalan Soekarno-Hatta Lama

  • 1. Monumen Soekarno di Aljazair

Nama Soekarno menjadi sebuah monumen di wilayah ibu kota Aljazair, yakni Aljir. Monuman Soekarno di Aljazair berbentuk memiliki bentuk Soekarno dengan telunjuk terangkat ke udara. Pose khas Soekarno saat tengah orasi.

Bagi Aljazair, Soekarno adalah sosok yang memberikan sumbangan besar bagi kemerdekaan Aljazair dari penjajahan negara Prancis. Aljazair sendiri sempat mengundang Soekarno sebagai delegasi perjuangan kemerdekaan Aljazair ke tanah air. Pada tahun 1956, pemerintah Indonesia pernah memerintahkan pendirian kantor perwakilan FNL Front de Liberation Nationale) di Jakarta.

  • 2. Soekarno Parque, Meksiko

Kemudian, ada jejak Soekarno di Meksiko. Meksiko punya taman dengan nama presiden pertama Indonesia, Soekarno atau Soekarno Parque. Taman kota yang ditandai patung Soekarno berlokasi di Mexico City.

Baca Juga: PDIP Kabupaten Bogor Resmi Daftarkan Bacaleg Ditandai Penyerahan Pin Berlambang Soekarno ke KPU

Peresmian Soekarno Parque saat itu dihadiri cucu Soekarno, Puan Maharani. Soekarno Parque didirikan sebagai apresiasi bagi Soekarno sebagai salah satu tokoh perdamaian dunia dan perekat hubungan kedua negara, Indonesia dan Meksiko.

Halaman:

Editor: Maryam Purwoningrum


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x