Gairah Soekarno Memerdekakan Indonesia dan Perjuangannya

- 22 September 2023, 16:18 WIB
Soekarno sedang berpidato/Gairah Soekarno Memerdekakan Indonesia dan Perjuangannya
Soekarno sedang berpidato/Gairah Soekarno Memerdekakan Indonesia dan Perjuangannya /Pinterest

HARIAN BOGOR RAYA - Soekarno adalah tokoh yang sangat penting dalam kemerdekaan Indonesia yaitu sebagai proklamator kemerdekaan dan presiden pertama Indonesia juga latar belakang perjuangannya meraih kemerdekaan.

Sosok Soekarno menjadi tokoh terpenting dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, ia lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur, dan wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta.

Soekarno mendirikan dan menjadi pemimpin sebuah organisasi politik yang disebut Partai Nasional Indonesia (PNI) di tahun 1927, yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan penuh untuk Indonesia. Namun, aktivitas politik subversif ini menyebabkan penangkapan dan juga pemenjaraannya oleh rezim Pemerintah Kolonial Belanda yang represif di tahun 1929 hingga ditahan di Banceuy Bandung.

Baca Juga: Rumah Sriwijaya Guruh Soekarno Putra Akan Dieksekusi, Begini Kasusnya

Pemerintah Belanda pernah menjebloskan Soekarno ke penjara Banceuy Bandung atas tuduhan hendak menggulingkan pemerintahan Hindia Belanda saat itu bersama Maskoen, Soepriadinata, dan Gatot Mangkoepraja ditangkap di Yogyakarta dan kemudian dijebloskan ke penjara Banceuy pada tanggal 29 Desember 1929.

Keinginan kuat berkobar untuk rakyatnya Soekarno dan para tokoh-tokoh juga tak henti menyuarakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Soekarno mendekam di penjara selama kurang lebih 8 bulan. Di dalam penjara Bung Karno menyusun pledoi atau pembelaanya yang dibacakan di Gedung Indonesia Menggugat (Gedung Landraad).

Baca Juga: Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Squad Argentina Disambut Ketum PSSI

Di masa itu pembuangan Soekarno ke penjara malah memperkuat saja citranya sebagai pahlawan nasional dan pejuang kemerdekaan.

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x