Hindari Penggunaan Selular Terlalu Lama Pada Anak, Begini Dampaknya

- 30 Juni 2023, 23:31 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Hati-hati penggunaan handphone terlalu lama akan berdampak buruk dan berpotensi mengalami radiasi dan akan memperbaruk kesehatan pada anak.

Hindari penggunaan handphone dengan durasi yang lama pada anak -anak karena penyerapan radiasi pada anak anak lebih tinggi dengan orang dewasa menurut sejumlah ahli dalam keterangannya.

Beberapa faktor akan rentan terhadap radiasi handphone yang berdampak pada jaringan otak dan bagian kepala dan ukuran tubuh yang berbeda dengan orang dewasa.

SeBaca Juga: Deretan Dampak Buruk Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Anak, Orangtua Wajib Tahu

Untuk itu para orang tua harus lebih bijak dan diimbau untuk membatasi penggunaan handphone untuk mencegah terjadinya dampak buruk terhadap anak-anak.

Dampak terhadap penggunaan handphone terlalu bagi anak-anak akan mengalami radiasi dan mengganggu kinerja otak, berikut beberapa dampak buruk penggunaan selular yang dikutip dari beberapa sumber.

-Berdampak Kesehatan Anak
Anak-anak yang durasi bermain ponselnya terlalu lama tidak memiliki aktivitas fisik yang cukup. Hal ini akan membuat anak tidak mendapatkan udara segar yang baik untuk kesehatan.
Terbiasa berlama-lama bermain ponsel akan berisiko terjadinya obesitas dan penyakit lainnya, yang nantinya dapat berkembang menjadi penyakit berbahaya seperti diabetes dan hipertensi.

Baca Juga: Langkah Ajarkan Anak-anak Gemar Membaca

-Memperbaruk Mental Anak
Dampak penggunaan ponsel pada anak yang tidak diawasi secara bijak memungkinkan anak untuk bermain media sosial dengan bebas. Penggunaan media sosial pada anak yang tidak dilakukan dengan bijak dapat menimbulkan anak terkena cyberbullying.
Pada kebanyakan kasus, cyberbullying pada anak dapat mengakibatkan terganggu kondisi mentalnya. Secara tidak langsung media sosial dapat menyebabkan depresi dan kecemasan ketika anak-anak tidak mendapatkan perhatian yang cukup.

-Pola Tidur Yang Kurang Baik
Anak yang terbiasa memegang ponsel terlalu lama, baik untuk telpon bersama teman, bermain gim, atau bermain media sosial akan menyebabkan kelelehan dan kegelisahan. Hal ini dapat mengganggu pola hidup anak Anda.
Pola hidup yang terganggu akibat bermain ponsel terlalu lama dapat membuat anak mudah mengantuk dan sulit berkonsentrasi.

Dapat Mengakibatkan Terjadinya Tumor
Pada anak yang memiliki kecenderungan menggunakan ponsel dalam jangka waktu cukup lama atau terbiasa mendekatkan ponsel ke telinga, menujukkan kemungkinan lebih tinggi berkembangnya tumor ganas, terutama di daerah telinga dan otak.
Hal ini dikarenakan tulang, jaringan, dan lapisan pelindung organ seperti otak masih sangat tipis. Kondisi ini mampu menyerap lebih dari 60% radiasi yang dipancarkan oleh ponsel.
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, dampak penggunaan ponsel terlalu sering pada anak dapat mempengaruhi sistem saraf juga. Kondisi ini akan berpotensi terjadinta risiko kanker.

Anak-anak Baca Juga: Beri Hadiah Lomba 1 Mewarnai, Ibu Wakil Wali Kota Bogor Yanti Rachim Pesan Ini ke Anak-anak

Nah itulah beberapa dampak buruk penggunaan selular yang terlalu lama, untuk itu diimbau kepada para orang tua untuk mencegah penggunaan handphone kepada anak terlalu lama.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x