Apa itu Food Estate? Simak Penjelasan dan Implikasinya!

- 19 Agustus 2023, 14:57 WIB
Kelemahan kebijakan food estate menurut BEM UI.
Kelemahan kebijakan food estate menurut BEM UI. /Twitter.com/@BEMUI_Official/

HARIAN BOGOR RAYA - Food estate adalah konsep pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan melalui pengembangan lahan pertanian yang luas dan terintegrasi. Konsep ini umumnya melibatkan penggunaan teknologi modern, perencanaan yang matang, serta pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Food estate menjadi topik penting dalam upaya menjaga ketahanan pangan global dan nasional. Mari kita lihat lebih dekat tentang apa itu food estate dan implikasinya.

Pengertian Food Estate

Food estate adalah sebuah konsep pengembangan lahan pertanian yang luas dengan tujuan utama untuk meningkatkan produksi pangan dan komoditas pertanian lainnya. Pendekatan ini seringkali berfokus pada pengembangan lahan pertanian yang subur dan produktif dengan teknik pertanian modern, termasuk penggunaan irigasi, pupuk, varietas tanaman unggul, dan teknologi pertanian canggih lainnya.

Dilansir dari kab.faperta.ugm.ac.id, Food Estate adalah pengembangan pangan dalam skala luas yang dilakukan secara terintegrasi di suatu kawasan mencakup pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Baca Juga: Tinjau Food Estate di Keerom, Presiden: Pemerintah Siapkan 10 Ribu Hektare Untuk Tanam Jagung

Komponen Utama Food Estate

1. Pengembangan Lahan Pertanian

Food estate melibatkan pengalokasian lahan pertanian yang cukup luas untuk ditanami berbagai jenis tanaman pangan dan komoditas pertanian.

2. Teknologi Pertanian

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x