Apa itu WFH? Simak penjelasan, Manfaat, dan Tantangangannya!

- 21 Agustus 2023, 17:44 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA-Bekerja dari Rumah atau Work From Home (WFH) kini telah menjadi konsep yang semakin relevan dan diterapkan dalam dunia kerja modern. Ini adalah praktik di mana pekerja dapat menjalankan tugas-tugas pekerjaan mereka dari lingkungan rumah atau lokasi di luar kantor fisik perusahaan. WFH telah menjadi pilihan yang menarik bagi banyak perusahaan dan individu, terutama setelah pengaruh pandemi global yang meluas.

Apa itu WFH?

WFH adalah singkatan dari work from home yang artinya adalah. bekerja dari rumah. Secara umum biasanya work from home diartikan dengan cara kerja karyawan yang berada di luar kantor. Entah dari rumah, dari cafe atau restoran sesuai dengan keinginan karyawan.

Pekerja dapat menggunakan teknologi komunikasi dan kolaborasi seperti telepon, email, perangkat lunak video, dan alat kolaborasi online untuk tetap terhubung dengan rekan kerja dan atasan. Ini memungkinkan mereka untuk menjalankan tanggung jawab pekerjaan tanpa perlu berada di lokasi fisik perusahaan.

Baca Juga: Hindari Kesalahan saat Mengajukan Visa Bekerja dan Berlibur ke Australia, Hijrah Australia Bagikan Tipsnya

Manfaat WFH

1. Fleksibilitas Waktu dan Lokasi
WFH memberi pekerja fleksibilitas dalam menentukan jam kerja dan lingkungan kerja yang paling produktif. Ini memungkinkan mereka untuk mengatur waktu kerja sesuai dengan preferensi pribadi dan menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional.

2. Efisiensi Waktu dan Biaya
Tanpa perlu waktu perjalanan harian ke kantor, pekerja dapat menghemat waktu dan biaya yang sebelumnya dikeluarkan untuk transportasi. Ini juga dapat mengurangi stres akibat kemacetan dan perjalanan yang panjang.

3. Diversitas Tenaga Kerja
WFH memungkinkan perusahaan untuk merekrut dan mempertahankan bakat dari berbagai lokasi geografis. Ini dapat meningkatkan keragaman dalam tim dan memperkaya perspektif dalam pengambilan keputusan.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x