Batuk Pilek Menyerang Tidak Selalu Harus Minum Obat, 5 Air Rebusan Ini Dapat Menjadi Alternatif

- 12 Oktober 2023, 21:23 WIB
Ilustrasi/Pexels
Ilustrasi/Pexels /


HARIAN BOGOR RAYA - Cuaca yang kurang bersahabat dan sulit diprediksi akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda, debu dan panas terik matahari dapat menyerang ketahanan tubuh Anda.

Biasanya akan mengalami kontradiksi dan mengalami penyakit batuk, pilek dan sakit kepala, tentu saja akan berdampak tidak nyaman untuk beraktivitas.

Disarankan Anda untuk pergi ke dokter dan meminum obat resep yang telah dibuatkan, namun jika Anda malas berobat dan di rumah tidak ada persediaan obat, Anda bisa menggunakan alternatif untuk meringankan batuk pilek dengan air rebusan alami yang dapat meringankan batuk dan pilek.

Baca Juga: Tips Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat Pereda Nyeri

Berikut beberapa air rebusan yang dapat Anda coba, dikutip Harian Bogor Raya dari PMJ, simak.

1. Ramuan Lemon, Kayu Manis, dan Madu
Ramuan ini efektif menyembuhkan pilek dan batuk. Cara membuatnya, dalam setengah sendok madu, tambahkan beberapa tetes lemon dan sejumput kayu manis. Minum dua kali sehari untuk menyembuhkan batuk pilek.

2. Air Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk pilek. Ramuan air jeruk nipis ditambah madu cocok untuk meredakan penyakit tersebut pada balita. Cara konsumsinya adalah, peras air jeruk nipis dan campur dengan madu.

Baca Juga: Maraknya Penjual Obat Tramadol Berkedok Toko Kelontongan

3. Air Asam
Kandungan zat dalam buah asam yaitu flavonoid, dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit, antiradang, dan membantu mengeluarkan keringat sehingga sangat cocok untuk menyembuhkan batuk pilek.

4.Air Hangat
Air putih hangat menjadi pilihan paling mudah dan murah yang bisa Anda konsumsi saat batuk pilek menyerang. Ketika mengonsumsi air hangat, Anda bisa mengencerkan dahak sehingga batuk menjadi reda.

Baca Juga: 5 Obat Asam Lambung Alami yang Efektif, Ampuh Sembuhkan Rasa Sakit

5. Teh Jahe
Teh jahe bisa mengobati pilek dan batuk. Teh ini membantu mengeringkan hidung yang berair, sehingga mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan.

Cara membuatnya adalah dengan menumbuk satu ruas jahe, kemudian direbus bersama air setengah gelas dan dicampur gula jawa.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x