5 Fakta Menarik Coto Makassar, Diciptakan oleh penduduk kerajaan Gowa

- 9 November 2023, 22:50 WIB
Ilustrasi Coto Makassar
Ilustrasi Coto Makassar /masak apa hari ini/

HARIAN BOGOR RAYA - Coto Makassar, hidangan tradisional Suku Makassar, Sulawesi Selatan, terbuat dari jeroan sapi yang direbus lama. Jeroan yang direbus diiris dan dibumbui dengan bumbu khusus. Merupakan makanan berkuah tertua di Indonesia, konon sudah ada sejak abad ke-16. Dahulu, di Kerajaan Gowa, bagian tenderloin dan sirloin daging sapi dikonsumsi oleh keluarga kerajaan, sementara pengikut kerajaan mengonsumsi bagian jeroan.

Coto Makassar memiliki beberapa fakta menarik, ingin tau fakta menarik tersebut. Yuk simak 5 fakta menarik tentang Coto Makssar:

1. Coto Makassar dibuat oleh penduduk kerajaan Gowa

Coto Makassar sebenarnya adalah makanan yang diciptakan oleh salah seorang penduduk di Kerajaan Gowa. Setiap pagi, ia biasa membuat Coto Makassar untuk dibagikan kepada para pengawal kerajaan sebelum mereka bertugas di pagi hari. 

Baca Juga: Begini Resep Mudah Cara Buat Soto Daging, Bisa Langsung Praktek di Dapur Rumah

2. Coto Makassar memiliki manfaat bagi kesehatan 

Coto Makassar memiliki kandungan zinc dan vitamin A, dimana kedua zat ini baik untuk memelihara kesehatan jaringan epitel dalam pembuluh darah. Kedua zat ini pun dapat membantu mencegah kerusakan pembuluh darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

3. Jeroan yang membuat coto makasar nikmat

Jeroan yang direbus dalam waktu lama dicampur dengan daging sapi yang diiris tipis, lalu dicampur dengan bumbu kacang yang diracik khusus, kaldu panas dengan irisan daun bawang dan bawang goreng adalah ciri khas dari Coto Makassar.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah