Ini 5 Obat Alami Atasi Sakit Gigi Berlubang

- 29 Desember 2023, 15:32 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA-Sakit gigi berlubang, atau karies gigi, bisa menjadi pengalaman yang sangat tidak nyaman dan mengganggu. Selain berkonsultasi dengan dokter gigi, ada beberapa obat alami yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan mendukung penyembuhan. Beberapa obat alami atau tradisional ini mencegah terjadinya pembusukan dan juga menghambat pembentukan lubang pada gigi.

Berikut adalah 5 obat alami yang dapat kamu coba untuk mengatasi sakit gigi berlubang dan cara menggunakannya.

Baca Juga: Selain Mudah Didapat Obat Alami Sariawan Ini Bisa Anda Coba

1. Garam
Garam memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memerangi bakteri. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai larutan kumur. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk meredakan sakit gigi.

2. Jeruk
Asam dalam lemon dan jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon dan jeruk nipis juga bersifat antibakteri. Sifat ini sangat efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3. Cengkeh
Jika tak menemukan minyak cengkeh, coba saja gunakan cengkehnya langsung untuk obati gigi berlubang. Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Caranya dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

4. Jahe
Jahe memang rempah yang kaya manfaat. Tak hanya cocok untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Jahe pun cocok digunakan untuk mengobati gigi berlubang. Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut dan gigi. Caranya parut 1 buah jahe dan peras airnya. Lalu gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

Baca Juga: Hal Penting Soal Obat Herbal dan Penggunaan Obat Herbal

5. Daun Sirih
Daun sirih merupakan resep tradisional sejak zaman nenek moyang yang terbukti ampuh atasi gigi berlubang. Daun sirih ini berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan sebagai antiseptik alami. Kamu bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah