Tips Melawan Panas Saat Ramadhan

- 10 Maret 2024, 11:36 WIB
Ilustrasi/Pexel
Ilustrasi/Pexel /


HARIAN BOGOR RAYA -  Ramadhan yang akan dijalankan umat muslim sebentar lagi akan segera datang, saat berpuasa tentu banyak rintangan yang akan dihadapi.

Salah satunya adalah melawan cuaca panas karena hal ini dapat menyebabkan emosi yang harus kita kendalikan, menurut ahli prilaku nafsu makan sekaligus Profesor psikologi Paul Curie, mengatakan emosi yang itu bukan karena sebab tapi juga karena perut kosong yang menyebabkan memicunya kadar gula darah menurun sehingga terjadi pelepasan hormon kortisol dan adrenalin yang mengakibatkan seseorang menjadi lebih emosional.

Beberapa tips yang disampaikan melalui Reed College tiga kiat yang dapat dilakukan masyarakat saat menjalankan ibadah puasa yaitu melawan hati yang panas dengan berolahraga ringan agar emosi menjadi stabil.

Baca Juga: Deretan Tips Agar Anda Bisa Mempersiapkan Diri Puasa di Bulan Ramadan

Selain itu juga dengan banyak berzikir dan amalan lainnya yang dianjurkan.

Yang kedua adalah untuk melawan cuaca panas dapat menggunakan pakaian berbahan katun yang lembut dan cepat menyerap keringat dan hindari sinar matahari secara langsung.

Yang ketiga adalah mengkonsumsi makanan lebih diperhatikan dari hari biasanya  dengan makanan yang mengandung karbohidrat, sayur dan buah-buahan.

Baca Juga: Big Ramadan Sale 2024 dari Shopee, Belanja Makin Untung dengan Promo Terbesar se-Indonesia

"Sementara untuk menu berbuka dianjurkan membuka dengan minum segelas air putih dan kurma yang mengandung serat dan gula alami, sehingga dapat mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa, baru setelahnya dilanjutkan dengan makanan yang lebih berat,” ujarnya. 

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x