Sederet Manfaat Bayam Merah Yang Wajib Anda Tahu

- 28 Mei 2024, 20:22 WIB
Bayam merah/Tangkap layar YouTube
Bayam merah/Tangkap layar YouTube /


HARIAN BOGOR RAYA - Seperti halnya bayam hijau yang biasanya dikonsumsi sebagai sayur mayur atau juga cemilan digoreng menggunakan tepung rasanya renyah dan gurih.

Daun bayam memiliki dua jenis yaitu bayam hijau dan bayam merah, bayam merah adalah vaiates bayam yang memiliki daun berwarna merah, biasanya daun bayam merah lebih kecil dari daun bayam hijau.

Bayam merah biasanya digunakan sebagai salah satu bahan dalam berbagai resep yang biasa dilakukan oleh para ibu di dapur.

Namun bayam merah juga tak kalah dengan bayam hijau kandungannya yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dirangkum dari RRI berikut manfaat daun bayam merah :

Baca Juga: Wajib Tahu Manfaat Jus Bayam Untuk Kesehatan

-Menjaga Kesehatan Tulang: Kandungan vitamin K dalam bayam merah membantu menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mempromosikan pembentukan tulang yang kuat

-Kandungan Nutrisi: Bayam merah kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, C, K, dan folat. Ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, serta mendukung fungsi kognitif dan kesehatan jantung.

-Mendukung Kesehatan Mata: Lutein dan zeaxanthin dalam bayam merah diketahui bermanfaat untuk kesehatan mata. Mereka membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti degenerasi makula.

-Antioksidan: Bayam merah mengandung antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Deretan Manfaat Konsumsi Bayam Setiap Hari

- Mencegah Penyakit Jantung: Kandungan potassium, magnesium, dan serat dalam bayam merah dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Nah itulah beberapa manfaat daun bayam merah yang kayak akan kandungan nutrisi.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah