Cek Fakta, Benarkah Titik Refleksi Pijat Pada Kaki Dapat Menyembuhkan Sakit Gigi ?

- 30 Juni 2024, 23:34 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Tentunya Anda sudah sering melihat atau melakukan sendiri pijat refleksi beberapa penyakit terdapat pada titik bawah kaki.

Belum lama ini beredar di medsos tentang menyembuhkan sakit gigi dapat disembuhkan dalan hitungan menit dengan cara refleksi pada titik tertentu pada telapak kaki.

Menurut keterangan pada video tersebut memijat bagian tertentu kaki ini bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun secukupnya, kemudian dioleskan ke titik refleksi. Durasi memijatnya sekira 10 menit. Narator juga menunjukkan, selain titik yang disebutkan, penderita sakit gigi bisa mencoba menekan bagian samping jempol dengan pena selama 10 menit.

Baca Juga: Refleksi Tengah Tahun, Shopee dan JKT48 Bawa Keceriaan dan Inspirasi dalam 6.6 Great Mid-Year Sale

Namun faktanya menurut keterangan Dokter Andes Wilson Setiawan yang dilansir dari Tirto bahwa hal tersebut adalah tidak benar.

Dr. Wilson menyampaikan teknik pengobatan akupresur ini  tidak bisa menyembuhkan sakit gigi secara cepat dan perlu pengulangan untuk mengurangi nyerinya.

Akupresur juga tidak bisa mengobati kondisi yang menjadi penyebab sakit gigi sepenuhnya. Penderita sakit gigi yang disertai dengan sakit kepala parah atau demam tinggi sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga: Pemuda Disabilitas Tekuni Usaha Pijat Refleksi, Omset Puluhan Juta Perbulan

Berdasarkan dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim memijat kaki dapat sembuhkan gigi adalah tidak benar. Dokter Andreas Wilson Setiawan, M.Kes, menyatakan kalau letak titik akupresurnya kurang tepat. Lebih lanjut, akupresur juga tidak bisa mengobati kondisi yang menjadi penyebab sakit gigi sepenuhnya.

Penderita sakit gigi yang disertai dengan sakit kepala parah atau demam tinggi sebaiknya berkonsultasi ke dokter.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah