Selain Digunakan Sebagai Lalapan, Daun Kemangi Memiliki Ragam Kandungan Sangat Baik Untuk Kesehatan

- 18 Februari 2023, 21:49 WIB
Daun kemangi/Pixabay
Daun kemangi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA - Siapa yang tidak tahu daun kemangi, tentu anda sudah tahu daun yang berbentuk kecil dan wangi sebagai pelengkap makan siang anda, atau juga sarapan sabagai lalapan.


Dalam literasi flora kemangi dapat dijadikan obat-obatan tradisional karena memiliki kandungan antioksidan, anti inflamasi  dan antimikroba serta mengandung vitamin C, vitamin A, magnesium serta kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat lain juga dapat  mengatasi ragam kesehatan yang diperlukan untuk tubuh kita sebagai stimulan menenangkan sistem saraf dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jelajah Sinema Indonesia Tayangkan Tujuh Film Pendek Pada Bioskop Online

Berikut manfaat daun kemangi yang anda wajib tahu, dikutip dari berbagai sumber ini beberapa manfaat daun kemangi ;

- Mencegah Stres dan Depresi
Daun kemangi yang mengandung bahan senyawa dapat membantu mengurangi stres dan depresi karena dapat menenangkan tidur  dan menenangkan saraf.

- Mencegah Diabetes
Dalam kandungan senyawa yang terkandung di dalam daun dapat membantu mengurangi kadar gula darah serta memperbaiki fungsi pankreas, mencegah diabetes.

- Sangat Baik Untuk Kesehatan Tulang
Kaslsium yang terkandung di dalam daun kemangi dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang serta memperlambat proses penuan, dan juga mengandung kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang.

Baca Juga: Core Values BerAKHLAK, BSKDN Dorong ASN Tingkatkan Budaya Kerja Produktif

-Mencegah Anemia
Zat besi juga terkandung dalam daun kemangi yang dapat membantu untuk mencegah anemia, seperti diketahui bahwa zat besi sangat penting untuk memproduksi sel darah merah.

 



- Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
Asam aspartat yang terkandung dalam daun kemangi dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi anda, karena asam aspartat dapat membunuh bakteri pada mulut serta memperlambat proses pembentukan plak.

Nah itulah manfaat daun kemangi yang kamu harus tahu, selain sebagai lalapan juga menambah nafsu makan anda.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x