Mengapa Wanita Lebih Banyak dari Kaum Pria Begini Menurut Jurnalisme Data

- 8 Maret 2023, 21:51 WIB
JillWellington / 2139 images/fixabay
JillWellington / 2139 images/fixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Pertanyaan ini ada lawan pertanyaannya mengapa kali-laki lebih cepat meninggal dari pada wanita mungkin  pertanyaan ini menurut anda adalah hal yang alami tapi menarik disimak apa sebab dan akibatnya.


Tentu saja ini adalah berkaitan dengan data, pentingnya data dalam menyimpulkan permasalahan yang sering kita dengar dimasyarakat.

Cek fakta dan kembali buka data, menurut  pembahasan  Aria Wiratma dari situs "kata data" dalam acara Zoom di Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) yang digelar dalam pembahasan Jurnalisme Data pada Rabu 8 Maret 2023.

Baca Juga: Cara Legal Unduh Lagu dari YouTube, Aman dari Kebocoran Data Hingga Malware

Menurutnya bahwa pentingnya menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan data dibalik sesuatu pertanyaan ataupun peristiwa.

Berdasarkan jurnalisme data yang digelar menjawab pertanyaan judul di atas mengapa wanita lebih banyak dari kaum pria atau pertanyaan lagi yang sama mengapa kaum pria lebih cepat meninggal dari kaum wanita, ini hanya sebuah  contoh dalam mengungkapkan data  dan pentingnya data dalam kegiatan jurnalistik didalamnya.

Nah inilah pentingnya data dalam jurnalisme data, dari pertanyaan di atas berdasarkan urutan data dan keseharian kaum pria yang lebih cepat meninggal ini berdasarkan data bahwa pria lebih banyak merokok sehingga dampaknya akan mempengaruhi kesehatan cek data kesehatan.

Baca Juga: Puluhan Ribu Jiwa dan Ribuan Keluarga Terdampak Banjir di Aceh, BPBD Beberkan Data

Atau juga kaum pria lebih banyak hidup di luar rumah dan rentan juga dengan data kecelakaan atau hal lainnya yang disebabkan meninggal karena dalam aktivitas diluar rumah.

Nah faktor tersebut telah terjawab mengapa kaum wanita lebih banyak dari kaum pria, reel time di lapangan berbicara terkait informasi adalah data yang tercatat, sehingga data itu sangat penting dalam menyampaikan informasi.

Contoh lainnya tentang Jurnalisme Data adalah tentang informasi atau berita tentang data covid 19 atau juga tentang data BMKG yang sering dijadikan rujukan dalam menulis berita.

Baca Juga: Viral di TikTok Pasangan Menikah Dengan Mas Kawin Kucing, Mempelai Wanita Tersenyum Lebar

Itulah jawabannya mengapa data dalam jurnalisme itu penting dalam mengembangkan pertanyaan yang seringkali timbul dalam masyarakat.

Dalam pembahasan tersebut yang dihadiri sekitar dua ratus lebih peserta yang dipandu mas Bayu dari Pikiran Rakyat diikuti oleh para peserta dengan antusias tentang pentingnya data dalam sebuah informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x