Sore Ini Kemenag Akan Tentukan 1 Syawal, Perbedaan Harus Disikapi Dengan Bijak

- 20 April 2023, 06:42 WIB
Penetapan 1 Syawal antara Muhammadiyah dan NU
Penetapan 1 Syawal antara Muhammadiyah dan NU /Foto. Cimahi Pikiran Rakyat /

HARIAN BOGOR RAYA - Satu atau dua hari kedepan umat muslim akan meninggalkan bulan suci Ramadan yang penuh hikmah dan akan bertemu dengan bulan Syawal. Itu artinya umat Muslim akan merayakan Idulfitri, yang merupakan sebagai penanda kemenangan  setelah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Dan untuk menentukan pergantian bulan dari Ramadan ke Syawal tentunya memerlukan metode yang bisa memastikan perubahan waktu. Sore Ini Kamis 20 April 2023 Kemenag Akan Tentukan 1 Syawal.

Jika nantinya ada perbedaan dalam penetapan hari raya Idul Fitri, diharapkan kepada semua pihak untuk menyikapi perbedaan dengan bijak.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Polres Bogor Siapkan Pengamanan Mudik Lebaran Pada Operasi Ketupat 2023

Terkait hal ini, Kemenag sendiri dalam menentukan dan menetapkan 1 Syawal 1444 H harus menunggu hasil sidang isbat. Dan Kemenag baru akan menggelar sidang isbat 1 Syawal 1444 H pada Kamis, 20 April 2023.

Dimana sidang isbat akan diawali oleh seminar pemaparan posisi hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag. Keterangan tersebut disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin.

Dikutip dari Media Pikiran Rakyat, bahwa berdasarkan data hisab, pada Kamis , 29 Ramadan 1444H / 20 April 2023, posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk dengan ketinggian antara 0 derajat 45 menit sampai 2 derajat 21,6 menit dengan sudut elongasi antara 1 derajat 28,2 menit sampai 3 derajat 5,4 menit.

Baca Juga: Update Jadwal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, Ada Perubahan Libur Lebaran

Kemenag juga akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di 123 titik lokasi di seluruh Indonesia. 

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x