Fakta Unik Ikan Cupang Yang Kamu Harus Tahu

- 11 Mei 2023, 20:03 WIB
Ikan Cupang/tangkap layar YouTube
Ikan Cupang/tangkap layar YouTube /


HARIAN BOGOR RAYA - Siapa yang tak kenal ikan cupang, dikalangan pecinta hewan ikan ini sudah lama popular sebagai ikan hias yang dikenal dengan keindahan warna dan ekornya.


Selain sebagai ikan hias ikan ini yang juga dikenal dengan nama betta, nama betta yang berasal dari nama prajurit kuno yang disebut Bettah, nama tersebut juga dijuluki lantaran ikan ini suka berkelahi sehingga ikan ini juga sebagai ikan aduan karena laganya yang unik dan menarik.

Banyak fakta unik dari ikan cupang yang perlu anda tahu sebagian orang pasti sudah lebih familiar dengan keunikan ikan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Meong Congkok dan Populasinya yang Langka di Jawa Barat

Berikut beberapa keunikan ikan cupang dikutip dari beberapa sumber :

- Dapat Bertahan Hidup di Luar Air
Nah bagaimana bisa? Ikan tidak hidup di air, faktanya ikan cupang mampu bertahan hidup  tanpa air meskipun dalam waktu singkat, karena ikan cupang merupakan jenis labirin yang mampu menghirup oksigen dari udara langsung dari insangnya.

Salah satu kemiripan jenis labirin ini yang mampu bertahan tanpa air  adalah ikan betok, atau ikan betik yang biasa hidup di sawah.

Baca Juga: Buntut Ribuan Ikan Mati, Ketua Presidium Botim Sebut DLH Tak Serius Tindak Pencemar Sungai Cileungsi

Pada lumpur asalkan suhunya lembab, ikan cupang dan ikan betok dapat hidup di luar air, wah unik juga yah.

- Suka Menyendiri
Keunikan lainnya adalah ikan cupang suka menyendiri tidak seperti ikan lainnya yang hidup berkelompok, ikan cupang justru lebih senang menyendiri dan mencari tempat yang nyaman untuk bersembunyi.

- Punya Julukan Permata dari Timur
Wah keren juga yah namanya, tentunya sesuai dengan keindahan ikan ini  masyarakat Thailand memberikan julukan kepada ikan cupang dengan sebutan " Permata dari Timur ", luar biasa dengan ikon ini menambah daftar kekayaan sumber alam nusantara.

Baca Juga: Heboh, Ribuan Ikan Naik ke Daratan Ini Kata BMKG

- Sang Pejantan Bertanggungjawab Menjaga Telur dan Anak-anaknya

Berbeda dengan hewan lain, rasa tanggungjawab ikan ini dibebankan oleh san pejantan dimana saat mulai membuahi hingga mengenjaga telur sampai menetas dan memberikan makan adalah sang pejantan.

Rasa tanggungjawab ini tentu harus kita contoh bagi kaum laki-laki, untuk memberikan nafkah dan menjaga anak-anaknya hingga mampu mandiri, itulah keunikan dari ikan cupang.

- Mudah Beradaptasi
Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara karena ikan ini sangat mudah beradaptasi dan bahkan dalam air keruh ikan ini bisa hidup, kita bisa memeliharanya sesuai dengan yang kita inginkan, di kolam maupun di toples ikan ini dengan cepat beradaptasi baik suhu tubuhya   dengan penyesuaian suhu pada air tesebut, namun meskipun ikan ini mampu hidup dan beradaptasi dengan suhu air, ikan cupang ternyata tidak dapat bertahan pada air dingin.

Baca Juga: Selain Unik, Batu Akik Combong Memiliki Beberapa Khasiat dan Daya Tarik Bagi Sipemiliknya

Ikan cupang lebih menyukai air yang memiliki kehangatan dan sedikit asam dengan kasar ph 6,5 hingga 7.

Nah itulah beberapa fakta unik ikan cupang yang kita kenal selama ini, bagi anda yang mengetahui melalui obeservasi bisa anda tambahkan fakta unik lainnya dari ikan cupang ini.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x