7 Penyebab Kaki Sering Kesemutan yang Perlu Diwaspadai, Nomor 3 Bisa Karena Gagal Ginjal!

- 16 Juni 2023, 22:33 WIB
Penyebab Kaki Sering Kesemutan / sumber : pexels
Penyebab Kaki Sering Kesemutan / sumber : pexels /

HARIAN BOGOR RAYA - Kesemutan pada kaki adalah sensasi yang tidak menyenangkan seperti jarum-jarum yang menusuk atau kesemutan yang muncul tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini biasanya dialami seseorang ketika terlalu lama berlutut atau duduk bersila.

 

Meskipun sering kali tidak berbahaya, tetapi kesemutan yang berulang atau terjadi secara persisten pada kaki dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Berikut ini untuk mengetahui apa penyebab kaki sering kesemutan yang perlu Anda waspadai, yang dilansir dari siloamhospitals.com, simak!

1. Diabetes

Penyebab kaki sering kesemutan yang pertama adalah diabetes. Kesemutan pada penderita diabetes disebabkan oleh adanya gangguan pada saraf tepi atau disebut juga dengan neuropati diabetik. Selain kesemutan, gejala lain yang menyertai kondisi ini adalah rasa nyeri dan panas di kedua kaki, terutama di jari dan telapak kaki.
Apabila diabetes tidak ditangani dengan baik, saraf di kaki akan mengalami mati rasa sehingga penderita tidak menyadari apabila terdapat luka di kakinya. Hal ini dapat mengakibatkan luka tidak tertangani dengan baik dan menjadi sumber infeksi.

 Baca Juga: Hubungan Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat dan Ketergantungan Obat Diabetes

2. Penyakit Autoimun
Sejumlah penyakit autoimun, seperti penyakit celiac dan lupus, juga bisa menjadi penyebab kaki sering kesemutan. Penyakit autoimun adalah kondisi medis yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat dalam tubuh. Untuk memastikan kondisi ini, dibutuhkan pemeriksaan darah oleh dokter.

3. Gagal Ginjal
Kaki sering kesemutan merupakan salah satu gejala gagal ginjal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk komplikasi penyakit lain, seperti hipertensi dan diabetes. Gejala kesemutan akibat gagal ginjal biasanya disertai dengan sensasi nyeri seperti tertusuk jarum, kram otot, kebas, serta kelemahan pada otot kaki.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x