5 Manfaat Minyak Zaitun, Nomor 3 Bisa Sehatkan Otak

- 31 Juli 2023, 18:03 WIB
Minyak Zaitun/Pixabay
Minyak Zaitun/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA - Minyak zaitun telah dikenal sebagai salah satu minyak paling sehat dan bergizi di dunia. Bahan makanan khas Mediterania ini memiliki sejarah panjang sebagai sumber nutrisi dan bahan alami untuk perawatan kesehatan dan kecantikan.

Berikut lima manfaat kesehatan yang menakjubkan dari minyak zaitun yang dapat memberikan dampak positif pada gaya hidup dan kesehatan Anda.

1. Kaya akan Antioksidan
Minyak zaitun mengandung senyawa polifenol yang kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini. Konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Simak Jika Anda Punya Masalah Kulit, Berikut 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Yang Menakjubkan

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat. Asam lemak ini telah terbukti membantu meningkatkan profil lipid darah, termasuk menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Dengan menggantikan lemak jenuh dengan minyak zaitun dalam pola makan Anda, Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Menunjang Kesehatan Otak
Minyak zaitun mengandung senyawa polifenol dan antiinflamasi yang dapat berkontribusi pada kesehatan otak. Konsumsi minyak zaitun teratur telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif dan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga: Memahami Peran Minyak Kayu Putih dalam Mengatasi Uban

4. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2
Asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur gula darah. Dengan mengonsumsi minyak zaitun sebagai bagian dari pola makan sehat, Anda dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan mengatur kadar gula darah.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut
Minyak zaitun memiliki khasiat yang menakjubkan untuk perawatan kulit dan rambut. Kandungan vitamin E, vitamin K, dan polifenolnya membantu melembapkan kulit, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Minyak zaitun juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, dermatitis, dan psoriasis. Untuk rambut, minyak zaitun dapat digunakan sebagai perawatan penghalus, pelembap, dan pencegah rambut bercabang.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x