6 Penyakit yang Memerlukan Batasan Konsumsi Air Kelapa

- 12 Agustus 2023, 23:06 WIB
Jangan langsung diminum, tambahkan bahan-bahan ini ke air kelapa kata dr. Zaidul Akbar.
Jangan langsung diminum, tambahkan bahan-bahan ini ke air kelapa kata dr. Zaidul Akbar. /Pixabay/Gadini/

HARIAN BOGOR RAYA - Air kelapa sering dianggap sebagai minuman alami yang kaya akan nutrisi dan elektrolit, cocok untuk menjaga keseimbangan tubuh. Namun, ada beberapa kondisi kesehatan yang mungkin memerlukan batasan atau penghindaran konsumsi air kelapa. 

Berikut ini adalah enam penyakit atau kondisi medis yang mungkin membuat seseorang perlu berhati-hati dalam minum air kelapa:

1. Diabetes Melitus:

Orang dengan diabetes perlu memantau asupan gula dalam diet mereka. Meskipun air kelapa memiliki kandungan gula alami yang lebih rendah dibandingkan minuman bersoda, tetaplah bijaksana dalam konsumsi jika Anda memiliki diabetes.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Nomor 5 Bisa Cegah Batu Ginjal

2. Gangguan Ginjal:

Penderita gangguan ginjal sering perlu membatasi asupan kalium dalam diet mereka. Kandungan kalium yang relatif tinggi dalam air kelapa bisa menjadi masalah jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

3. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi):

Air kelapa memiliki efek hipotensi ringan, yang dapat menurunkan tekanan darah. Namun, bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah atau sedang mengonsumsi obat antihipertensi, konsumsi air kelapa perlu diatur dan diawasi oleh dokter.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x