5 Fakta Unik Semut, Hewan Kecil Tanpa Paru-Paru

- 21 September 2023, 13:00 WIB
ilustrasi semut.
ilustrasi semut. /Pexels/

HARIAN BOGOR RAYA - Sering kali kita melihat semut, entah itu di rumah ataupun di luar, semut memang selalu ada jika di dekatnya terdapat makanan, dia akan memanggil teman-temannya untuk segera mengambil makanan itu, karena semut dikenal sebagai serangga sosial mereka hidup dan bekerja bersama dalam kelompok. 

Meskipun demikian, semut memiliki kemampuan yang unik jika dibandingkan dengan serangga lainnya, baik secara individu ataupun kolektif.

Apa sajakah fakta uniknya? Berikut lima fakta unik semut yang perlu Anda ketahui!

Baca Juga: 7 Fakta Unik Burung Lovebird Pesona yang Menggetarkan Hati

1. Semut tidak memiliki telinga

Tidak seperti hama rumah lainnya seperti tikus, semut tidak memiliki telinga. Meskipun mereka tidak memiliki telinga, bukan berarti mereka tuli! Semut menggunakan getaran untuk mendengar dan menggunakannya saat mencari makanan atau sebagai sinyal alarm tanda bahaya. Semut menggunakan getaran di tanah untuk mendengar suara yang terekam di organ subgenual yang terletak di bawah lutut.

2. Semut bisa berenang

Pada umumnya semut tidak dapat berenang, namun ada beberapa spesies semut yang bisa berenang. Semut memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di air dengan menggunakan cara mereka sendiri yang memudahkan mereka untuk dapat mengambang di atas air.

Meskipun kaki mereka tidak didesain untuk “melakukan gerakan” yang seperti kita bisa lihat pada seekor anjing ketika berenang di air, namun mereka akan menggunakan kaki mereka untuk menendang diri mereka sendiri ketika di atas air.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x