5 Manfaat Lengkuas Yang Jarang Anda Ketahui Untuk Kesehatan

- 7 Oktober 2023, 06:35 WIB
Rimpang Lengkuas/Pixabay
Rimpang Lengkuas/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Lengkuas adalah salah satu bumbu dapur tumbuh di dataran tinggi maupun rendah, Indonesia salah satunya selain terdapat di beberapa negara seperti India, Arab, Cina, dan Srilangka.

Lengkuas selain sebagai bumbu dapur ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin A, B1, B3, C dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan zink serta mengandung antioksidan.

Berikut manfaat yang terkandung pada lengkuas dikutip dari Harian Bogor Raya dari RRI.

Baca Juga: Harga Komoditi Rempah-rempah Termahal di Dunia Cek Apa Saja

1. Mengatasi radang sendi
Rimpang ini mengandung flavonoid, tanin, saponin, dan beberapa senyawa fenolik lainnya. Fitokimia ini mampu menunjukkan efek antiinflamasi dan analgesik yang kuat, sehingga tanaman ini membantu mengurangi gejala atau dapat menikmati keluhan kesehatan akibat radang sendi yang terjadi.

2. Menghilangkan jerawat
Jerawat adalah masalah yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebihan di kulit. Gangguan ini dapat teratasi berkat sifat antiinflamasi yang terdapat  di dalam lengkuas.

Baca Juga: Tips Sederhana untuk Mengurangi Uban dan Mengembalikan Warna Rambut Hitam dengan Rempah-rempah

Bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi atau anti peradangan, akan membuat jerawat menjadi lebih baik. Selain jerawat, rempah ini juga efektif mengatasi masalah komedo dan bruntusan di wajah.

3. Melindungi dari infeksi
Ekstrak lengkuas menghasilkan minyak atsiri. Minyak ini efektif mengatasi berbagai infeksi yang terjadi akibat patogen, seperti jamur, ragi, dan parasit.
Manfaat tersebut tercatat dalam dua literatur yaitu Antioksidant and officinarum dan Alpinia : the gold mine of future therapeutics.

4. Meningkatkan kesehatan rambut
Rimpang ini juga efektif meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala dengan cara meningkatkan sirkulasi. Caranya dengan membuat jus lengkuas yang dicampur dengan minyak jojoba, kemudian oleskan cairan tersebut secara merata di kulit kepala dan biarkan hingga 15 menit sebelum dibilas.

Baca Juga: Ingat Rempah-rempah Ini sebagai Penolong Meredakan Asam Lambung Tinggi

5. Menghilangkan jerawat
Jerawat adalah masalah yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebihan di kulit. Gangguan ini dapat teratasi berkat sifat antiinflamasi yang terdapat di dalam lengkuas. 
Bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi atau anti peradangan, akan membuat jerawat menjadi lebih baik. Selain jerawat, rempah ini juga efektif mengatasi masalah komedo dan bruntusan di wajah.

Bijaklah dalam penggunaan obat-obatan, kalau disskelling lingkungan kita banyak tumbuhan herbal kenapa tidak memanfaatkannya.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x