Ini 10 Fakta Unik Ayam yang Jarang Orang Tahu, Nomor 5 Ayam Keturunan Dinosaurus

- 9 Oktober 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi Ayam/Ini 10 Fakta Unik Ayam yang Jarang Orang Tahu, Nomor 5 Ayam Keturunan Dinosaurus
Ilustrasi Ayam/Ini 10 Fakta Unik Ayam yang Jarang Orang Tahu, Nomor 5 Ayam Keturunan Dinosaurus /Heike/Pixabay

HARIAN BOGOR RAYA - Ayam adalah salah satu hewan peliharaan yang paling umum di seluruh dunia. Ayam juga menjadi salah satu sumber konsumsi protein terbesar di dunia.

Tetapi ternyata ayam lebih dari sekedar sumber protein dan penghasil telur saja. Ada banyak hal menarik yang tidak banyak orang tahu seputar dunia per-ayam-an. Berikut ada 10 fakta unik tentang ayam yang dilansir dari agriculture-argomanunggal.id, simak ya!

1. Jumlah ayam lebih banyak 4 kali lipat dari manusia
Ada kira-kira 25 milyar ayam di seluruh dunia. Jumlah ini setara dengan 4 kali lipat jumlah manusia. Tetapi sepertinya hal ini masuk akal karena ayam adalah santapan favorit manusia. Untuk memenuhi permintaan akan daging ayam, dia dikembang-biakkan di seluruh dunia.

2. Triliunan butir telur ayam dihasilkan setiap tahun
Ayam betina bisa menghasilkan rata-rata 300 butir telur per tahun. Jika setengah saja dari dari 25 milyar ekor ayam di dunia adalah ayam betina (meskipun proporsi jumlah ayam betina jauh lebih tinggi daripada ayam jantan), maka dalam setahun jumlah produksi telur ayam adalah 3,75 triliun butir.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Unik Ular Piton, Bisa Hidup lebih dari 40 Tahun

3. Ayam bisa mengingat wajah
Ternyata ayam termasuk jenis hewan yang cukup cerdas. Mereka bisa mengingat dan membedakan lebih dari 100 wajah sesama ayam maupun manusia. Mereka juga bisa melihat warna dan bermimpi dalam warna warni.

4. Ayam memiliki penglihatan super
Jika anda tinggal di desa dan memiliki tetangga yang memelihara ayam, biasanya ayam-ayam itu dibiarkan bebas berkeliaran. Tetapi setiap kali mereka selalu pulang ke kandangnya. Pernah melihat ayam tersesat? Sepertinya tidak. Hal ini karena kemampuan penglihatan ayam ternyata melebihi manusia. Dia bisa melihat spektrum sinar Ultra Violet dan menggunakan matahari untuk menentukan arah dan bernavigasi.

5. Ayam adalah keturunan dinosaurus yang paling menakutkan
Siapa sangka bahwa ayam adalah cucu buyut dari salah satu dinosaurus yang paling menakutkan. Siapa lagi kalau bukan T-Rex. Hal ini terungkap setelah diadakan penelitian susunan DNA ayam pada tahun 2004.

6. Ayam betina bisa bertelur tanpa pejantan
Banyak orang beranggapan bahwa ayam betina hanya bisa tetap bertelur jika ada pejantannya. Ternyata hal ini salah. Secara alami ayam betina terus memproduksi sel telur dan akan dikeluarkan sebagai telur setiap kali proses tersebut selesai. Tugas pejantan hanya membuahi sel telur. Tanpa pejantan, telur yang dihasilkan akan menjadi telur infertil atau telur yang tidak mungkin menetas.

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x