Sederet Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan

- 29 November 2023, 11:47 WIB
Buah Cempedak/RRI
Buah Cempedak/RRI /


HARIAN BOGOR RAYA - Buah yang satu ini memang mirip buah nangka namun bedanya buah cempedak lebih kecil dari buah nangka dan memiliki aroma yang khas .

Kandungannya yang memiliki vitamin C dan serat serta antioksidan sangat baik untuk kesehatan jantung dan kandungan potassium cempedak membantu menurunkan tekanan darah.

Artikel ini membahas manfaat buah cempedak untuk kesehatan dikutip dari RRI berikut sederet  manfaat buah cempedak untuk kesehatan.

Membantu pengobatan penyakit tumor dan manfaat lainnya
Kandungan bioflavonoid dari buah cempedak juga dapat membantu meredakan gejala tumor. Selain itu cempedak juga baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena kaya protein yang membuat tubuh lebih kenyang. 

Baca Juga: Pentingnya Wanita Hamil Makan Beragam Buah Hingga Kalium

Mencegah risiko stroke
Penyakit stroke menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh lansia. Mengonsumsi buah cempedak dapat mengurangi risiko stroke. Mengapa demikian? 
Soalnya, cempedak mengandung tinggi serat, vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya. Buah ini juga kaya akan potasium.  
Kombinasi dari ini kandungan dan nutrisi sehat ini dapat membantu menjaga sirkulasi darah serta mengontrol tekanan tinggi. Seperti diketahui, hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah.
Dan itu merupakan kondisi yang menempatkan seseorang pada risiko stroke. Menjaga kesehatan tekanan darah dapat menurunkan risiko stroke secara signifikan.

Pengobatan malaria
Beberapa senyawa seperti artoindonesianin, dan heteriflavon C yang ada di kulit kayu. Dan buah cempedak dapat membantu dalam pencegahan dan pengobatan malaria. 
Ini dikarenakan kandungan tersebut dapat menghilangkan parasit malaria secara signifikan.  Cempedak sebagai bahan pengobatan malaria sudah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kadar parasit malaria.
Yakni, selama 5-14 hari setelah mengonsumsi obat yang sudah diolah dari cempedak sebelumnya. Jadi, cempedak ternyata begitu bermanfaatnya bagi kesehatan.

Baca Juga: Deretan Manfaat Makan Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Menjaga sistem pencernaan
Buah cempedak juga mampu membantu dan menjaga kelancaran pencernaan di dalam tubuh. Kandungan vitamin C pada buah ini mampu menghindarkan dari risiko sembelit atau susah buang air besar. 
Buat anda yang susah mengalami buang air besar, buah cempedak juga bisa memperlancar pencernaan. Jadi, coba sesekali konsumsi buah ini dalam kehidupan anda.

Menjaga kesehatan mata 
Buah cempedak kaya akan vitamin A yang membantu meningkatkan kesehatan mata. Banyak sekali buah dan sayur yang mengandung vitamin A.
Tetapi buah cempedak menjadi salah satu buah yang paling manis. Serta juga enak untuk dikonsumsi yang memberikan suplai vitamin A untuk tubuh. 

Nah itulah beberapa manfaat buah cempedak untuk kesehatan tubuh selain rasanya yang manis juga memiliki beberapa manfaat.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah