Wajib Tahu, Makanan Pantang Bagi Anda Yang Memiliki Vertigo

- 31 Januari 2024, 19:12 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Penyakit vertigo merupakan penyakit yang kerap dialami masyarakat dapat memunculkan gelaja rasa mual, muntah, penglihatannya terganggu, berkeringat hingga hilangnya pendengaran.

Ketika serangan vertigo muncul rasa pusing terjadi selama beberapa menit dan bahkan berjam-jam terkadang juga hilang dan muncul.

Menurut artikel yang dikutip dari Antara vertigo bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gejala yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama jangka waktu tertentu.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah vertigo adalah menjaga pola makan, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari bagi Anda yang memiliki vertigo.

Baca Juga: Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Ini Dipercaya Dapat Menggantikan Obat Sakit Kepala

Berikut makan yang perlu Anda hindari  dikutip dari Antara.

Makanan asin atau tinggi garam
Makanan asin atau yang mengandung tinggi garam perlu dikurangi atau dihindari pengidap vertigo. Sebab, kandungan sodium dalam garam dapat memperburuk vertigo. 
Mengonsumsi makanan asin atau tinggi garam juga dapat memicu penahanan air berlebih dan memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan di tubuh. Oleh sebab itu, pengidap vertigo sebaiknya menjauhi makanan tinggi garam atau sodium, seperti keju, popcorn, keripik, kecap, dan maka

Minuman beralkohol
Minuman beralkohol juga perlu dibatasi oleh pengidap vertigo, karena dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga bagian dalam. Alkohol juga dapat memperburuk rasa pusing, ketika dikonsumsi oleh pengidap vertigo. 
Pengaruh negatif dari alkohol juga dapat membuat tubuh dehidrasi dan memicu metabolit berbahaya bagi telinga bagian dalam dan otak. Selain itu, alkohol juga terkenal sebagai pemicu serangan migrain yang juga menyebabkan pusing dan mual.

Baca Juga: Tips Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat Pereda Nyeri

Makanan manis atau tinggi gula
Makanan dan minuman manis atau tinggi gula. Seperti yang mengandung madu, gula pasir, gula merah, contohnya kue dan soda, sebaiknya dihindari.

Hal itu karena dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga yang meningkatkan gejala vertigo. Sebagai pilihan yang lebih sehat, gunakanlah gula kompleks yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, kentang dan sayuran.

Makanan dan minuman berkafein
Kafein yang terkandung dalam aneka makanan dan minuman. Seperti halnya kopi, teh, cokelat, minuman energi dan soda dapat meningkatkan sensasi dengung di dalam telinga. 
Itulah sebabnya, pengidap vertigo sebaiknya menghindari kafein. Maka dari itu, jika anda pecinta minuman berkafein untuk menguranginya terlebih dahulu jika vertigo sering kambuh.

Baca Juga: 5 Cara Ini Dapat Meredakan Sakit Kepala dengan Cara Alami

Nah itulah beberapa makanan yang harus Anda perhatikan jika Anda memiliki penyakit vertigo.***


 

 



Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x