Penelitian Ungkap Bermusik Dapat Meningkatkan Kemampuan Ingatan di Usia Senja

- 8 Februari 2024, 21:02 WIB
Bermain musik/Pixabay
Bermain musik/Pixabay /



HARIAN BOGOR RAYA - Sekeliling peneliti dari Inggris yang tergabung dalam Protect mengungkapkan bahwa memainkan alat musik ataupun bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan ingatan di usia senja.

Dalam artikel yang ditulis Antara menulis bahwa bermusik memiliki sejumlah manfaat sebagai membuat suasana hati menjadi lebih baik, mengatur tekanan darah serta meningkatkan kualitas tidur.

Dari hasil penelitian Protect yang rilis melalui Internasional Journey of Geriatrik Psychiaatry menemukan bahwa dengan bernyanyi dan bermain musik khususnya piano dapat meningkatkan kemampuan ingatan dan fungsi otak.

Baca Juga: Dokter Ingatkan Aktivitas Mendengar Konser Hingga Mendengar Musik Melalui Earphone

"Menjaga otak tetap aktif sepanjang hidup berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif, sehingga mengurangi risiko gangguan kognitif di usia tua. Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi hubungan potensial antara musik dan kognisi," tulis hasil riset tersebut dilansir dari Medical Daily.

Penelitian melakukan riset dengan mengamati lebih dari seribu orang dewasa di atas usia 40 tahun untuk melakukan penelitian manfaat bermain musik dan bernyanyi terhadap kesehatan otak.

Manfaat lain yang ditemukan selain kesehatan otak dari bernyanyi juga meningkatkan mood seseorang lebih bahagia dan frees.

Baca Juga: 10 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Sedih Bisa Tingkatkan Mood

"Temuan kami menunjukkan bahwa menggiatkan pendidikan musik menjadi bagian penting dari inisiatif kesehatan masyarakat guna mempromosikan gaya hidup protektif untuk kesehatan otak, seperti halnya mendorong orang dewasa yang lebih tua untuk kembali bermusik," ujarnya.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x