Enaknya Kuliner Belalang Goreng! Salah Satu Manfaatnya Dapat Sumber Protein Tinggi

- 26 Februari 2024, 15:06 WIB
Belalang Goreng/Enaknya Kuliner Belalang Goreng! Salah Satu Manfaatnya Dapat Sumber Protein Tinggi
Belalang Goreng/Enaknya Kuliner Belalang Goreng! Salah Satu Manfaatnya Dapat Sumber Protein Tinggi /Instagram @walanggorengberkah

HARIAN BOGOR RAYA - Belalang goreng mungkin terdengar tidak biasa bagi sebagian orang, tetapi di beberapa daerah, terutama di Yogyakarta, belalang goreng menjadi makanan ringan yang cukup popular. Bagi yang biasa mengonsumsinya, belalang goreng kerap dijadikan camilan atau bahkan lauk pauk yang disantap bersama nasi dan sambal.

Sejak 2013 silam, food and agriculture organization (fao) merekomendasikan serangga ini untuk menjadi alternatif makanan.

Sebab, serangga ini mengandung banyak nutrisi penting seperti kadar protein tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu cara pengolahan belalang yang populer di indonesia adalah digoreng.

Baca Juga: Sederet Kuliner Bogor Yang Menggoda

Sejumlah kandungan nutrisi belalang yang beperan penting dalam menunjang sejumlah fungsi vital tubuh, antara lain: Zinc, Zat Besi, Kalsium, Mangan, Magnesium, Riboflavin (vitamin b2), Asam pantotenat (vitamin b5), Asam folat, Biotin (vitamin b7).

Kebanyakan orang memandang belalang sebagai serangga kotor, namun belalang goreng sebenarnya memiliki sejumlah manfaat yang mengejutkan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini lima manfaat belalang goreng yang menarik untuk diketahui:

1. Sumber Protein Tinggi
Belalang goreng adalah sumber protein tinggi yang memadai. Kandungan proteinnya bahkan lebih tinggi dari pada beberapa sumber protein hewani tradisional seperti daging sapi atau ayam. Bagi mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian atau vegan, belalang goreng dapat menjadi alternatif yang menarik untuk memenuhi kebutuhan protein harian mereka.

Baca Juga: Deretan Tips Sehat Kala Anda Santap Makanan Enak Saat Momen Natal

2. Menjaga kesehatan saraf dan kognitif
Kuliner favorit di thailand ini mengandung vitamin b1 dan b12. Vitamin tersebut dapat membantu menjaga kesehatan saraf termasuk juga kognitif. Kekurangan vitamin b1 dapat memicu gangguan informasi pada otak. Sedangkan vitamin b12 berperan dalam pembentukan mielin. Mielin merupakan lapisan yang melindungi saraf otak. Ikan gabus memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk otak. Manfaat lain ikan ini bisa kamu baca dalam artikel kenalan dengan 13 manfaat ekstrak ikan gabus untuk kesehatan.

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x