Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan, Pastikan Kendaraan Anda Sehat

- 27 Februari 2024, 13:47 WIB
Ilustrasi/Pexel
Ilustrasi/Pexel /


HARIAN BOGOR RAYA - Pastikan kendaraan Anda sehat sebelum melakukan aktivitas dengan kendaraan, terlebih saat musim hujan.

Siapkan pelindung diri seperti jas hujan usahakan saat mulai rintik hujan sudah menggunakan agar saat tidak ada untuk berteduh saat hujan tiba-tiba Anda sudah redi dari guyuran hujan.

Berhentilah dan cari tempat berteduh yang aman jika hujan sangat deras karena selain menggangu jarak pandang juga tidak nyaman saat berkendara.

Berikut beberapa tip maksimal berkendara saat musim hujan dikutip dari Antara :

Baca Juga: Waspada Blind Spot Saat Berkendara

Periksa Tekanan Angin dan Ketebalan Alur Ban
Kondisi ban yang baik sangat krusial dalam keselamatan berkendara, terutama saat musim hujan. Lakukan pemeriksaan tekanan angin pada ban secara rutin dan perhatikan ketebalan alur ban. Alur ban yang sudah tidak terlihat atau kempis dapat membuat sepeda motor sulit dikendalikan serta meningkatkan risiko tergelincir di jalan yang basah.
 
2.    Pastikan Lampu Motor Berfungsi Dengan Baik
Dengan penglihatan yang terbatas saat hujan, pastikan lampu depan, lampu belakang, lampu pengereman, hingga lampu sein beroperasi dengan optimal. Lampu yang berfungsi dengan baik tidak hanya meningkatkan penglihatan pengendara di jalan, tetapi juga memberikan sinyal kepada pengendara lain ketika sepeda motor akan berhenti atau berbelok.

Baca Juga: Trik Berkendara Zig-Zag Saat Lintasi Jalur Rusak Bagi Kendaraan Tipe Sedan
 
3.    Periksa Komponen Pengereman
Kondisi jalan yang licin memerlukan sistem pengereman yang optimal. Periksa rem depan dan belakang secara teratur, pastikan kampas rem dalam kondisi yang baik. Sistem pengereman yang optimal membantu mengurangi jarak pengereman dan memberikan kontrol yang lebih baik kepada pengendara. Pada model sepeda motor terbaru Yamaha, seperti LEXi LX 155, juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih yang dapat memberikan kontrol maksimal saat berkendara. Salah satunya adalah ABS (Anti-Lock Braking System), yang dirancang untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Dengan adanya fitur ini, potensi tergelincirnya ban atau kehilangan kendali atas sepeda motor dapat diminimalisir.
 
4.    Lakukan Perawatan Sepeda Motor secara Berkala di Bengkel Tepercaya
Kenyamanan serta keselamatan berkendara menjadi fokus utama pengendara sepeda motor, terutama di musim hujan. Mendukung hal tersebut, pengendara perlu menjaga kinerja sepeda motor tetap optimal dengan melakukan perawatan sepeda motor secara rutin sesuai dengan jadwal servis yang disarankan.

Nah itulah beberapa tips berkendara saat musim hujan.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x