Cara Membasmi Rayap atau Inai-inai

- 27 Februari 2024, 18:58 WIB
 Ilustrasi 5 cara mengusir dan menghilangkan rayap di rumah dengan mudah menggunakan bahan alami, cek di sini.
Ilustrasi 5 cara mengusir dan menghilangkan rayap di rumah dengan mudah menggunakan bahan alami, cek di sini. /Pixabay/@RoyBuri

HARIAN BOGOR RAYA - Bagaimana cara membasmi Rayap atau inai-inai dari rumah kita, Yangmana rayap sangat menyukai furniture berbahan dasar kayu, terlebih lagi kayu yang lembab. Sebelum mengulas cara membasmi rayap, terlebih dahulu mari kita simak apa itu rayap.

Rayap atau inai-inai merupakan serangga kecil atau hama yang bentuk dan ukurannya hampir mirip dengan semut. Rayap hidup berkelompok dan bisa menyebabkan rumah menjadi rusak parah, terutama di bagian-bagian yang terbuat dari kayu, bahkan bisa memakan hampir semua hal yang bisa menopang rumah.

Rayap dapat tinggal di banyak tempat, misalnya di pekarangan, di dalam rumah, bahkan di kebun ataupun hutan. Namun rayap lebih senang bersarang ditempat yang lembab, misalnya dibatang kayu basah ataupun di dalam tanah. Perkembangbiakan rayap terbilang cukup cepat.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengusir Kecoa dari Rumah

Namun selain menyerang furnitur dari bahan kayu keberadaan rayap juga mampu menyerang tanaman pertanian. Oleh karena itulah maka rayap sering disebut hama.

Ini Beberapa Cara Mengusir Rayap

1. Rumput Vetiver

Rumput Vetiver, kita mengetahui bahwa rumput vetiver merupakan salah satu tanaman hias yang biasa banyak ditanam dihalaman rumah. Namun ternyata tanaman hias ini cocok dijadikan sebagai pengusir rayap, dikarnakan rumput vetiver memiliki kandungan senyawa kimia yang biasa disebut nootkatone. Senyawa ini mampu menangkal rayap serta berbagai macam hama lainnya secara alami.

2. Mint

Daun mint juga ternyata mampu mengusir rayap secara efektif. Daun mint bukan dari bahan kimia yang berbahaya, mint merupakan salah satu pestisida alami. Bahkan permen dengan rasa mint pun memiliki aroma yang kuat. Dengan begitu, rayap tentu akan kewalahan menghadapinya. Pohon mint bisa ditanam di sekitar rumah untuk mendapatkan bantuan pengusiran rayap.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x