Hindari Obat Kumur Yang Mengandung Alkohol, Begini Kata Ahli

- 3 April 2023, 20:46 WIB
Ilmuwan meneliti potensi obat kumur  Foto: Universitas Ruhr-Bochum/seputartangsel
Ilmuwan meneliti potensi obat kumur Foto: Universitas Ruhr-Bochum/seputartangsel /


HARIAN BOGOR RAYA - Berkumur memang banyak manfaatnya untuk membersihkan sisa-sisa makanan, banyak jenis obat kumur dipasaran  namun penggunaan yang salah dapat menyebabkan mulut kering hingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Cairan pencuci mulut memang memiliki beberapa dampak bagi gusi, bibir dan lidah jika kita salah memilih dan sebaiknya hindari yang mengandung alkohol.

Hal ini juga dijelaskan pakar kesehatan dokter gigi spesialis ortodonti drg. Stephanie Adelia Susanto, MM., Sp.Ort lulusan Universitas Gadjah Mada itu mengatakan mouthwash atau obat kumur yang mengandung alkohol perlu dihindari.

Baca Juga: Apakah Sikat Gigi dan Kumur-kumur Membatalkan Puasa? Berikut Kata Ulama

"Bila mikroorganisme mulut tidak seimbang, bakteri baik tidak mampu menghalangi bakteri jahat yang mengeluarkan bau tidak sedap," kata Adel menjelaskan dikutip Harian Bogor Raya dari Antara, Senin 3 April 2023.

Menurutnya alkohol adalah zat aktif yang mampu membuat mulut kurang terhidrasi yang menimbulkan mulut menjadi kering dan berpotensi mengapa iritasi yang mengakibatkan bau tidak sedap karena mikroorganisme mulut yang tidak seimbang.

Berkumurlah menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol setelah selesai menyikat gigi hal ini sangat dianjurkan karena dapat menjangkau semua sela-sela  yang tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi.

Baca Juga: Menjaga Kebersihan Mulut Saat Berpuasa, Gosoklah Gigi Dengan Tepat

Tambahnya berkumur mengunakan obat kumur dapat meningkatkan 20 persen lebih bersih daripada hanya menyikat gigi untuk itu dianjurkan setiap hari berkumur dengan obat kumur setelah menyikat gigi.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x