Begini Caranya Mengolah Daging Kambing Kurban Agar Tidak Bau Prengus

- 26 Juni 2023, 11:14 WIB
Ilustrasi sate kambing/pixabay
Ilustrasi sate kambing/pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Idul Adha merupakan hari besar umat Islam sebagai bentuk rasa ketakwaan terhadap Allah SWT dengan berkurban harta berupa hewan.



Dalam perayaan ini hewan kurban identik dengan kambing sebagai mana sejarahnya nabi Ibrahim  saat menyerahkan anaknya yaitu Ismail untuk dijadikan kurban, namun saat malaikat menggantikannya melalui kambing yang tersangkut di pepohonan atas perintah Allah nabi Ibrahim tidak jadi menyembelih Ismail namun digantikan dengan kambing yang telah ditunjukkan malaikat sebagai pengganti.

Nah hingga saat ini hewan kambing dijadikan kurban walaupun tidak mutlak boleh dengan hewan sapi.

Baca Juga: Begini Cara Memilih Sapi Kurban yang Baik dan Sehat

Dalam perayaan ini biasanya masyarakat mendapatkan daging kurban baik daging kambing maupun sapi.

Untuk mengolah daging sapi mungkin masyarakat sudah biasa, tetapi untuk daging kambing jika tidak pandai memasak tentu akan terasa bau.

Bagaimana cara mengolahnya? menurut ahlinya ada beberapa cara untuk mengolah daging kambing agar tidak bau sebaiknya jangan dicuci.

Baca Juga: Hal Penting Soal Tempat Pemotongan Hewan Kurban dan Limbah Hewan Kurban

Ada dua pilihan jika anda menerima paket daging kurban kambing sebaiknya jangan dicuci dulu yang pertama langsung masukan saja kedalam freezer, pilihan kedua langsung diolah baik berupa sate ataupun tongseng.

Informasi yang didapat jika daging kambing dicuci akan membuat aroma khas kambing terasa tercium dan tentunya bagi anda yang tidak menyukai aroma kambing akan hilang selera makannya.

Baca Juga: Cegah Asam Urat Karena Daging Kurban, Berikut Beberapa Tips Jitu!
.
Jika anda ingin mengolahnya gunakanlah rempah-rempah yang pas seperti jahe, cengkeh, biji pala, sereh dan lengkuas campurkan saat direbus.

Yang selanjutnya pisahkan lemak karena hal tersebut akan bau asap atau prengus sebaiknya dibuang saja lemak yang menempel.

Demikian sedikit tips cara mengolah daging kambing.***



Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x