Konsumsi Buah Segar Sangat Tepat Sebelum Makan Daging

- 30 Juni 2023, 06:54 WIB
3 Masakan Lezat dari Daging Sapi
3 Masakan Lezat dari Daging Sapi /Pixabay/

HARIAN BOGOR RAYA - Dikutip dari media Antara, Guru Besar di bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, menyarankan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh selama Idul Adha, ada baiknya terlebih dahulu kita mengkonsumsi buah segar sebelum menyantap menu daging.

Buah dapat dikonsumsi sebelum kita menyantap daging, karena buah memiliki berbagai kandungan sehat untuk menyeimbangkan kandungan lemak yang tinggi dari daging, terutama bagi penderita kolesterol, penyakit jantung dan hipertensi.

“Meski Idul Adha identik dengan daging berlimpah, mohon tetap waspada dalam mengonsumsinya. Jangan berlebihan dan upayakan selalu tersedia sayur dan buah sebagai makanan penyerta,” kata Ali saat dihubungi ANTARA, Kamis.

Baca Juga: Resep Olahan Daging Kambing Jadi Tongseng Kambing Ala Chef Gilang

"Selain dapat menyeimbangkan kesehatan,  mengonsumsi buah sebelum makan berat juga dapat membuat perut merasa lebih kenyang. Sehingga Jika perut kenyang, maka tentunya seseorang akan mengurangi konsumsi hidangan khas lebaran seperti gulai, opor, rendang, dan lain-lain." Itu diungkapkan oleh Ali.

“Makanan saat Lebaran umumnya padat kalori baik karena santan dan lemak,“ ujar Ali.

Makanan penyeimbang terbaik saat Lebaran, kata Ali, adalah sayuran dan buah segar sehingga asupan serat, vitamin, dan mineral dapat menyeimbangkan dengan makanan tinggi kalori itu.

Baca Juga: Deretan Makanan dan Minuman Bantu Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging Kurban

Ada beberapa buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum memakan makanan berat, diantaranya apel, pir, dan jeruk. Meski sederhana, buah tersebut mengandung kaya nutrisi baik bagi tubuh.

Apel atau jeruk memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dibuang. Satu buah apel jika dikonsumsi setiap hari dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15 persen.

“Buah-buah tersebut awet dan mudah disimpan, juga sangat baik untuk tubuh. Buah dapat menekan asupan kalori dari makanan lebaran yang biasanya dikonsumsi pagi-siang-malam dan berhari-hari,” kata Ali.

Baca Juga: Imbauan Penting dari Ahli Gizi Demi Bijak Olah Daging Kurban

Untuk mengkonsumsi buah dan sayur untuk tiap harinya sangat dianjurkan sebanyak 400 gram, atau setara dengan makan sayur sebanyak tiga kali ditambah dua buah ukuran sedang.

Sementara nasi atau karbohidrat, dianjurkan untuk tidak lebih dari 500-600 gram sehari, dan lauk pauk menyesuaikan dengan rata-rata 60-80 gram per sekali makan.

“Bagi orang sehat, menyantap menu lebaran mungkin tidak timbul dampak berarti. Namun bagi penderita kolesterol, penyakit jantung, gula, dan hipertensi perlu hati-hati karena sangat mungkin terpicu kembali kambuhnya penyakit,” ujar Ali.***

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x