10 Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

- 25 Agustus 2023, 08:09 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA-Polusi udara menjadi masalah serius yang memengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan di seluruh dunia. Banyak negara menghadapi tantangan polusi udara yang signifikan, mengancam kualitas udara dan kesejahteraan penduduk mereka.

Menurut laporan IQAir, pada tahun 2022 lalu terdapat sejumlah negara yang masuk kategori terburuk dalam hal polusi udara. IQAir adalah perusahaan yang melacak kualitas udara di seluruh dunia. Pada tahun 2022, mereka melakukan analisis kualitas udara rata-rata dari berbagai negara di dunia.

Berikut 10 negara dengan tingkat polusi udara terburuk di dunia dari laporan IQAir

1. Chad
Chad merupakan negara terkurung daratan di Benua Afrika. Wilayahnya berbatasan dengan Libya di Utara, Sudan di timur, Republik Afrika Tengah di selatan, Kamerun di barat daya, dan Niger di bagian barat. Menurut data IQAir, Chad menjadi negara dengan polusi udara terburuk di dunia pada 2022 lalu. Dalam hal ini, Chad memiliki rata-rata konsentrasi PM2.5 mencapai 89,7 mikrogram per meter kubik.

Baca Juga: Apakah Polusi Udara Menyebabkan Kematian? Simak Penjelasan dan Dampaknya!

2. Irak
Irak negara yang memiliki ibu kota di Baghdad ini berada di urutan kedua yang memiliki polusi udara terburuk di dunia tahun 2022 lalu. Melihat angkanya, rata-rata konsentrasi PM2,5 di Irak mencapai 80,1 mikrogram per meter kubik. Berdasarkan statistik tahun sebelumnya, angka ini meningkat dari 49,7 pada 2021.

3. Pakistan
Kendaraan bermotor, pembakaran batu bara, dan aktivitas industri adalah faktor utama penyebab polusi udara di Pakistan. Kota-kota seperti Lahore dan Karachi sering mengalami tingkat polusi yang sangat tinggi.

Rata-rata konsentrasi PM2,5 di Pakistan adalah sebesar 70,9 mikrogram per meter kubik. Melihat perbandingan dari tahun sebelumnya, angka tersebut naik dari 66,8 mikrogram per meter kubik.

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Kulit Wajah yang Terpapar Polusi Udara dan Langkah Perlindungannya

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x