5 Fakta Uni Kucing Hitam, Pernah Disembah Sebagai Dewa

- 14 September 2023, 16:29 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA-Kamu suka melihat kucing hitam berkeliaran di sekitar rumah? Biasanya kucing hitam sering dianggap buruk. Bahkan, banyak orang yang menganggap kalau kucing hitam identik dengan ilmu sihir, musibah, malapetaka, dan lain-lain.

Padahal kucing hitam memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki kucing lain. Kucing hitam mempunyai tampilan yang tak kalah menggemaskan dengan tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Warna hitam yang menawan membuat kucing hitam menjadi kucing yang unik.

Di negara Eropa seperti dilansir The Spruce, kucing hitam dihubungkan dengan pesta Halloween, sihir dan bahkan nasib buruk. Benarkah faktanya seperti itu?
Berikut fakta menarik dari kucing hitam yang jarang diketahui:

1. Simbol keberuntungan
Kucing hitam juga dipercaya dapat meningkatkan keuangan dan keberuntungan. Para pelaut membawa kucing ke atas kapal untuk berburu tikus. Namun para pelaut Inggris percaya hewan itu akan membawa keberuntungan bagi kapal dan memastikan kepulangan yang aman.

Baca Juga: 10 Cara Rawat Kucing Agar Sehat dan Gemuk

Di Skotlandia, seekor kucing hitam yang tiba di depan pintu menandakan kemakmuran penghuninya. Sedangkan di Inggris dan Irlandia, seekor kucing hitam yang melintasi jalan akan membawa keberuntungan.

2. Bulunya Bisa Berkarat 
Kalau kamu punya kucing hitam, coba ajak dia untuk berjemur di bawah sinar matahari setiap hari. Kamu akan melihat bulunya lama kelamaan akan berubah menjadi kecokelatan, nyaris seperti berkarat. Sebab, berjemur bisa membuat pigmen eumelanin atau pigmen yang menghasilkan warna hitam pada bulunya menjadi rapuh.

Selain itu, ada kemungkinan juga kucing hitam membawa gen bulu berwarna merah atau justru sedang kekurangan nutrisi.

3. Pernah Disembah Sebagai Dewa
Di Mesir Kuno, kucing hitam adalah perwujudan fisik dari seorang Dewi bernama Bastet. Dewi Bastet disebut memiliki kepala kucing hitam yang bertugas mengawasi tanaman, perempuan, dan rumah penduduk.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x