Apa Itu Virus Nipah yang Memicu 2 Kematian di India? Ini Gejala dan Cara Pencegahannya

- 18 September 2023, 21:49 WIB
Ilustrasi virus.
Ilustrasi virus. /Russell Regnery/CDC/REUTERS/

HARIAN BOGOR RAYA -Terdapat dua orang di Kerala, India meninggal akibat virus Nipah. Penularan virus Nipah ini, sejak minggu lalu India melakukan pembatasan pertemuan publik dan beberapa sekolah ditutup. 

Apa itu Penyakit Virus Nipah? 

Penyakit emerging zoonotik yang disebabkan oleh virus Nipah yang termasuk ke dalam genus Henipavirus dan famili Paramyxoviridae. Penyakit ini dapat ditularkan dari hewan, baik hewan liar atau domestik, dengan kelelawar buah yang termasuk ke dalam famili Pteropodidae sebagai host alamiahnya.

Penyakit virus Nipah pertama kali diidentifikasi berdasarkan laporan wabah yang terjadi pada peternak babi di sebuah desa di Sungai Nipah, Malaysia pada tahun 1998-1999 yang berdampak hingga Singapura. Dari wabah tersebut, dilaporkan 276 kasus konfirmasi dengan 106 kematian (CFR: 38,41%).

Baca Juga: Biaya Pengobatan Komplikasi Penyakit Bisa Lebih Banyak, Pakar Ingat Pemilik Usia 20-an Hingga 40-an

Sejarah Virus Nipah

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan RI, penyakit virus Nipah ini bukanlah virus baru. Virus nipah pertama kali diidentifikasi pada tahun 1998-1999.

Saat itu, terdapat laporan wabah yang terjadi pada peternak babi di sebuah desa di Sungai Nipah, Malaysia yang berdampak hingga Singapura. Akibat wabah tersebut, dilaporkan 276 kasus konfirmasi dengan 106 kematian.

Berdasarkan laporan sampai tahun 2021, diketahui telah ada 700 kasus pada manusia dengan 407 kematian di 5 negara (Malaysia, Singapura, India, Bangladesh, dan Filipina). Sebagian besar kasus (48% atau 336 kasus) dan kematian (58,5% atau 238 kematian) dilaporkan di Bangladesh.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x