5 Makanan yang Bisa Menyebabkan Keputihan

- 24 September 2023, 15:07 WIB
Ciri-ciri penyakit keputihan yang harus diwaspadai, dr. Fransiska berikan penjelasan.
Ciri-ciri penyakit keputihan yang harus diwaspadai, dr. Fransiska berikan penjelasan. /Tangkap layar/ YouTube DOKTER FRANSISKA DI PERANCIS/

HARIAN BOGOR RAYA- Keputihan menjadi kondisi umum yang dialami oleh banyak wanita. Meskipun biasanya merupakan hal yang normal, terkadang keputihan dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Selain faktor-faktor seperti infeksi atau ketidakseimbangan hormon, diet Anda juga dapat memainkan peran dalam mengatur keputihan.

Jika keputihan yang muncul dirasa mengganggu atau muncul bersama keluhan lain, maka kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda keputihan yang tidak normal.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan keputihan. Makanan-makanan ini perlu kamu waspadai, terutama jika memang kamu sedang mengalami masalah keputihan yang tidak normal, seperti jumlah yang terlalu banyak, berwarna, dan mengeluarkan bau kurang sedap. 

Baca Juga: Ini 5 Makanan yang Baik untuk Otak serta Cocok untuk Orang Pelupa

Berikut adalah 5 makanan yang bisa menyebabkan keputihan:

1. Makanan Manis

Gula adalah makanan bagi bakteri dan ragi di vagina. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak gula, dapat mengganggu keseimbangan flora bakteri yang sehat di area intim. Ini dapat menyebabkan pertumbuhan berlebihan ragi dan bakteri, yang dapat menghasilkan keputihan berbau tidak sedap.

2. Timun

Seringkali orang mengatakan kalau timun dapat menyebabkanmu mengalami keputihan. Ini dapat terjadi karena timun mengandung zat yang dapat mendorong produksi hormon estrogen pada perempuan meningkat sehingga organ intim memproduksi keputihan lebih banyak dari biasanya. Jadi, coba untuk membatasi konsumsi timun.

3. Makanan Pedas

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah