Luar Biasa ! Ini Manfaat Air Jahe Menurut Ahli Kesehatan

- 1 Oktober 2023, 00:22 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Khasiat minuman herbal sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan seperti banyak ditulis beberapa artikel, selain tanpa efek samping obat herbal sangat mudah dicari pada lingkungan sehari -hari.

Salah satu tumbuhan herbal adalah jahe, berdasarkan penelitian jahe mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan.

Jahe sudah lama dikenal masyarakat luas terutama sebagai salah satu rempah-rempah, namu jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan cara membuatnya juga sangat mudah.

Baca Juga: Deretan Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Jahe dan Gula Merah

Dibeberapa daerah minuman jahe juga dapat disajikan langsung, sebuah kearifan lokal nama minuman jahe juga dikenal dengan bandrek.

Berikut beberapa manfaat minuman jahe yang dapat membantu mejaga kesehatan tubuh.

1.Turunkan Berat Badan
Dalam penelitian lain, peneliti membagi 10 pria menjadi dua kelompok. Satu kelompok meminum air jahe panas setelah sarapan. Kelompok lain tidak.
Pria yang meminum air jahe melaporkan perasaan kenyang yang lebih besar. Meskipun penelitian ini kecil dan diperlukan penelitian tambahan, hal ini menunjukkan bahwa air jahe berperan dalam penurunan berat badan.

Baca Juga: Membersihkan Usus Kotor dengan Minum Air Garam dan Teh Jahe


2.Mengontrol Gula Darah
Air jahe dapat membantu mengontrol kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2. Dalam satu studi selama 12 minggu, peneliti membagi 41 orang dengan diabetes tipe 2 menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama mengonsumsi 2 gram suplemen bubuk jahe setiap hari, sedangkan kelompok kedua mendapat obat plasebo. Orang yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang signifikan.

3. Turunkan Kadar Kolesterol
Satu penelitian pada tikus menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol. Tikus tersebut mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, yang meningkatkan kolesterol total, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa pemberian suplemen yang mengandung jahe pada tikus juga dapat mencegah kolesterol tinggi dalam aliran darah.

Baca Juga: 5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

4. Meredakan Nyeri
Air jahe dapat membantu mengurangi beberapa jenis nyeri. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa yang menderita nyeri migrain, peneliti menemukan menggunakan jahe sebagai terapi tambahan lebih baik daripada konsumsi obat.

5. Atasi Rasa Mual
Dalam penelitian pada 2015, para peneliti mengamati sembilan penelitian di mana orang menggunakan jahe untuk mengatasi mual pasca operasi, efek samping kemoterapi, mual karena virus, dan mual di pagi hari.
Penelitian tersebut, walaupun tidak selalu meyakinkan secara klinis, semuanya menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi mual dan muntah.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x