5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

- 25 Oktober 2023, 04:30 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA-Terkadang, cegukan dapat menjadi hal yang mengganggu pada bayi Anda, dan Anda mungkin ingin tahu cara mengatasi masalah ini dengan cepat dan aman. Cegukan pada bayi biasanya tidak berbahaya, tetapi jika Anda ingin mencoba beberapa cara untuk membantu menghilangkannya, berikut adalah lima metode yang bisa Anda coba:

1.Memeluk dan Menepuk Punggung Bayi
Cara mengatasi cegukan pada bayi berikutnya adalah dengan memeluk bayi dan menepuk punggungnya secara perlahan. Memberikan pelukan dan tepukan pelan di punggung mampu menenangkan tubuh mungil bayi yang terganggu karena cegukan. Selain itu, Anda dapat menggendong bayi dengan posisi kepala bayi di pundak Anda, lalu tepuk-tepuk punggungnya secara lembut hingga udara di perut si kecil keluar melalui sendawa. Anda dapat melanjutkan posisi ini hingga cegukan pada bayi berhenti.

2. Membawa Bayi ke Tempat yang Hangat
Membawa si kecil ke tempat yang hangat juga dapat Anda coba untuk mengatasi cegukan pada bayi. Jauhkan si kecil dari tempat yang berangin dan dingin seperti ruangan ber-AC. Hal ini dikarenakan cegukan bisa saja dipicu oleh suhu ruangan yang dingin.

Baca Juga: Bayi Perempuan Diduga Dibuang di Gunung Putri Bogor, Ari-ari Masih Menempel

3. Memberi Makan Sedikit Demi Sedikit
Cara mengatasi cegukan pada bayi yang satu ini bisa diterapkan apabila si kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI). Usahakan untuk memberi si kecil makanan ataupun minuman sedikit demi sedikit untuk menghindari cegukan.

4. Gunakan dot
Bayi tidak selalu mengalami cegukan saat menyusui. Ketika bayi tiba-tiba saja cegukan, biarkan ia mengisap dot, karena cara ini akan membantu mengendurkan diafragma dan bisa membantu menghentikan serangan cegukan.

5. Membantu menenangkan Si Kecil
Stres menjadi salah satu penyebab bayi cegukan. Kondisi ini bisa membuat cegukan dapat semakin parah. Untuk membantu meringankannya, ibu bisa menenangkan Si Kecil dengan pindah ke tempat atau ruangan yang lebih nyaman.

Baca Juga: Viral Seorang Ibu Diduga Hendak Buang Bayi di Rel Kereta Api Pasar Minggu Jakarta

Perlu diingat bahwa cegukan pada bayi biasanya hilang dengan sendirinya, dan tidak perlu terlalu khawatir jika cegukan terjadi sesekali. Namun, jika cegukan berlangsung lebih lama atau tampaknya menjadi masalah yang serius, penting untuk berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk menyingkirkan kemungkinan masalah medis yang mendasarinya.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x