5 Fakta Unik dan Menarik tentang Hewan Kapibara 'Simasbro'

- 1 November 2023, 09:39 WIB
Kenapa kapibara disebut ‘masbro’?/5 Fakta Unik dan Menarik tentang Hewan Kapibara
Kenapa kapibara disebut ‘masbro’?/5 Fakta Unik dan Menarik tentang Hewan Kapibara //Unsplash/Klaus Steinberg/

HARIAN BOGOR RAYA - Kapibara (Hydrochoerus hydrochaeris) adalah hewan unik yang sering disebut sebagai 'raja hewan pengerat'.

Dengan ukuran tubuhnya yang besar dan sifat sosial yang menarik, kapibara atau simasbro ini telah menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia.

Berikut adalah lima fakta unik dan menarik tentang hewan kapibara yang Anda harus tahu.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kelinci, Si Imut Pemakan Kotoran Sendiri

1. Mirip dengan marmut
Kapibara memiliki kemiripan dengan marmut karena masih dalam famili yang sama, yaitu Caviidae. Selain itu, keduanya aktif di siang hari dibandingkan malam hari. Sedangkan sebagian besar hewan pengerat aktif di malam hari. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran kapibara yang lebih besar daripada marmut. Selain itu, kapibara juga lebih gesit dibandingkan dengan marmut.

2. Habitat Air
Kapibara adalah hewan semi-akuatik, yang berarti mereka hidup dekat dengan air. Mereka sering dijumpai di sepanjang sungai, danau, rawa-rawa, dan hutan dekat air. Kapibara sangat baik berenang dan bahkan dapat berenang di bawah air selama beberapa menit untuk mencari makanan atau melarikan diri dari pemangsa.

3. Pengerat yang suka berkelompok
Hampir sama dengan hewan liar pada umumnya, kapibara juga hidup berkelompok. Setiap kelompok kapibara biasanya terdiri daro 10-20 ekor. Kelompok tersebut terdiri dari pejantan dan dewasa, beberapa pejantan dan betina muda serta anak-anak kapibara. Sedangkan pada musim kemarau, jumlah anggota kawanan kapibara akan semakin banyak dan berkumpul di dekat sumber air. Seekor kapibara jantan dewasa akan menjadi pemimpin dan melindungi kawanannya.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Unik Ular Piton, Bisa Hidup lebih dari 40 Tahun

4. Hewan yang Damai
Kapibara dikenal sebagai hewan yang damai dan cenderung menghindari konfrontasi. Mereka sering bersantai di sepanjang sungai dan berbagi waktu bersama anggota kelompok mereka. Kapibara juga terkenal karena menjadi teman yang baik bagi hewan-hewan lain, seperti burung yang duduk di atas punggung mereka atau kura-kura yang bersantai di dekat mereka.

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x