Begini Efek Kebiasaan Minum Kopi Setelah Makan Siang Yang Perlu Anda Tahu

- 18 November 2023, 07:34 WIB
Ilustrasi kopi yang bisa menghilangkan perut buncit.
Ilustrasi kopi yang bisa menghilangkan perut buncit. /pixabay


HARIAN BOGOR RAYA - Minum kopi memang sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang, namun tahukah Anda kebiasaan minum kopi setelah makan siang memiliki efek samping untuk kesehatan.

Disadari atau tidak memang tidak banyak orang yang tahu karena beberapa orang minum kopi setelah makan siang menjadi rutinitas sehari-hari dan tampak terlihat biasa  saja.

Namun menurut sumber yang kami lansir dari laman Bright Side yang kami rangkum berikut fakta efek samping minum kopi setelah makan siang :

Baca Juga: Alasan Kopi Jadi Tambahan Bagus Buat Diet Kelola Berat Badan

Kerontokan Rambut
Meminum secangkir kopi langsung setelah makan akan mengurangi penyerapan banyak elemen penting, berdampak pada tubuh dalam banyak hal, dan juga dapat memengaruhi rambut.
Ketika tubuh kekurangan zat besi, darah akan lebih sulit membawa oksigen yang memperbaiki sel-sel di tubuh yang merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini, memengaruhi kesehatan kulit kepala dan menyebabkan kerontokan rambut.

Kulit Kering
Kopi bisa menghambat penyerapan nutrisi makanan, termasuk zat besi. Jika tubuh tidak memperoleh zat besi yang cukup, kesehatan kulit bisa terganggu. Salah satu efek yang bisa terjadi adalah kulit wajah tampak lebih kering dari biasanya.
Efek yang lain adalah bisa memicu munculnya kerutan pada wajah atau membuat kerutan jadi lebih terlihat. Minum kopi juga bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini bisa membuat Anda dehidrasi dan efeknya adalah kulit jadi lebih kering.

Baca Juga: Hari Kopi Internasional, Nikmati Resep Pakai Bahan Dasar Kopi

Merusak Gigi
Penyerapan mineral bisa terhambat akibat minum kopi setelah makan. Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang penyerapannya terhambat. Tubuh pun malah akan membuang kalsium itu melalui keringat dan urine.
Sementara, kalsium menjadi salah satu mineral yang dibutuhkan oleh gigi. Jika asupan kalsium tidak terpenuhi dalam waktu yang lama, hal tersebut bisa membuat gigi lebih rapih, kekuningan, dan iritasi gusi.

Meningkatkan Kolesterol Jahat
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak yang ditemukan dalam kopi mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur kolesterol. Hal ini menjadikan kopi sebagai salah satu senyawa peningkat kolesterol paling banyak dalam makanan.

Demikian informasi tentang fakta mengkonsumsi kopi setelah makan siang, namun ini hanya artikel yang perlu Anda ketahui karena kebiasaan minum kopi tergantung dari waktu yang Anda pilih baik dan buruknya minum kopi.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x