Alasan Kopi Jadi Tambahan Bagus Buat Diet Kelola Berat Badan

- 26 Oktober 2023, 12:50 WIB
Ilustrasi kopi hitam. (ANTARA/Pixabay.com/Christoph)
Ilustrasi kopi hitam. (ANTARA/Pixabay.com/Christoph) /

HARIAN BOGOR RAYA - Minum kopi bisa jadi tambahan bagus untuk diet pendukung pengelolaan berat badan. Penting diingat, tambahkan gula ke dalam cangkir kopi bisa jadi tidak bawa manfaat.

“Gula merupakan karbohidrat sederhana yang artinya cepat dicerna, diserap, dan diubah menjadi energi (kalori) oleh tubuh kita,” kata pakar gizi sekaligus Director of Nutrition Affairs for the National Dairy Council Kerry Hackworth, RDN.

Katanya, gula sederhana tidak membantu kita merasa kenyang. Hal itu membuat makan berlebihan dan punya potensi menambah berat badan. Daripada menambahkan pemanis pada kopi, rekomendasi Hackworth orang-orang untuk menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis, beberapa krimer non-susu favorit, atau bahkan hanya susu.

Baca Juga: Ok Taecyeon Bahas Kopi Dengan Hottest

“Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein yang ditemukan dalam susu dapat meningkatkan efek anti-inflamasi kopi,” kata dia.

Kemudian, terkait penggunaan pemanis buatan, masih banyak yang belum diketahui.

“Diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hubungan antara pemanis bebas gula dan berat badan, tetapi pemanis bebas gula dapat menjadi pengganti yang tepat jika tidak berlebihan,” pakar gizi Melissa Mitri, MS, RD.

Baca Juga: Studi Ungkap Beberkan Hubungan Alzheimer, Gula Darah Tinggi, dan Kolesterol

Jelas Mitri, meski gula buatan dapat membantu menurunkan asupan kalori, tetap penting untuk menyadari berapa banyak yang dikonsumsi.

Halaman:

Editor: Maryam Purwoningrum

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x