Yup, Baca Ini Bagi Penderita Diabetes Apakah Nasi Putih Aman Untuk Gula Darah

- 17 Desember 2023, 08:17 WIB
Nasi Putih/Pexels
Nasi Putih/Pexels /


HARIAN BOGOR RAYA - Simak penjelasan ahli gizi dokter spesialis klinik dr. Cindy J. Pudjiadi, Sp, GK  saat melakukan diskusi terkait mengkonsumsi nasi putih bagi penderita diabetes.

Menurutnya penderita diabetes tetap perlu mengkonsumsi karbohidrat namun harus sesuai dengan porsi yang disarankan.

Saran terbaik adalah mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti dan gandum menurutnya memiliki indeks glikemik yang rendah.

Lanjutnya jika penderita diabetes ingin mengkonsumsi nasi putih sebaiknya dikombinasikan dengan lauk-pauk dan sayuran untuk menurunkan indeks glikemik.

Baca Juga: Hal Penting Demi Terhindar dari Retinopati Diabetik Pada Pasien Diabetes

"Jadi di nasi merah itu kan ada vitamin, mineral, dan serat. Nah kita bikin nasi putih itu ada tambahan vitamin, mineral dan serat. Caranya tambahkan sayur yang banyak. Adanya sayur yang banyak itu akan mendapatkan serat, vitamin, dan
mineral di situ. Jadi jangan hanya makan nasi putih saja tanpa adanya tambahan teman-temannya tersebut," ujarnya dikutip dari Antara.

Tambahnya dr.Cindy mengatakan penderita diabetes perlu menghindari mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti donat dan minuman kemasan menurut makanan dan minuman ini mengandung jumlah gula yang tinggi yang dapat berdampak negatif pada kadar gula darah.

Baca Juga: Pentingnya Tahu Soal Rasa Haus Berlebihan Hingga Penyakit Diabetes

Cemilan yang disarankan penderita diabetes adalah, buah utuh, kacang rebus  atau tomat serta buah ceri namun perlu disesuaikan dengan kesehatan masing-masing.

Selanjutnya dr Cindy menekankan bahwa porsi dan jenis asupan bagi penderita diabates harus disesuaikan dengan faktor-faktor individu seperti usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x