4 Jenis Bullying yang Perlu Anda Ketahui

- 28 Februari 2024, 22:16 WIB
Ilustrasi-perundungan/Bullying/4 Jenis Bullying yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi-perundungan/Bullying/4 Jenis Bullying yang Perlu Anda Ketahui /Karawangpost/Foto/Pexels-Mikhail Nilov

HARIAN BOGOR RAYA - Perundungan atau Bullying adalah perilaku agresif yang terjadi secara berulang-ulang dan bertujuan untuk menyakiti, merendahkan, atau mendominasi orang lain secara fisik, verbal, atau sosial.

Bullying bisa dilakukan secara fisik, lisan, maupun cara lain yang lebih halus seperti memaksa atau memanipulasi.

Terdapat beberapa jenis bullying yang perlu diperhatikan dalam kehidupan sosial anak maupun orang dewasa, seperti bullying secara fisik, lisan, sosial, hingga di internet yang  biasa disebut dengan cyberbullying.

Baca Juga: Wajib Tahu! Berikut 7 Cara Mencegah Bullying di Sekolah

Memahami berbagai jenis bullying dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut dengan lebih efektif.

Berikut adalah empat jenis bullying yang perlu diketahui:

1. Bullying Fisik
Bullying fisik melibatkan tindakan agresif yang menyebabkan cedera atau ketidaknyamanan fisik pada korban. Ini bisa berupa pukulan, tendangan, dorongan, atau merampas barang milik korban. Bullying fisik sering terjadi di area-area sekolah yang kurang diawasi, seperti lorong atau halaman belakang, dan dapat meninggalkan bekas luka fisik dan emosional pada korban.

2. Bullying Verbal
Bullying verbal terjadi ketika seseorang menggunakan kata-kata atau bahasa yang menyakitkan atau merendahkan untuk menyakiti atau menghina korban. Ini bisa berupa ejekan, penghinaan, cacian, atau ancaman. Bullying verbal sering terjadi di lingkungan sekolah, baik langsung di hadapan korban maupun melalui media sosial atau pesan teks. Meskipun tidak meninggalkan luka fisik, bullying verbal dapat memiliki dampak yang serius pada kesejahteraan mental dan emosional korban.

3. Bullying secara Sosial
 Bullying yang dilakukan secara sosial biasanya tidak mudah dideteksi. Maka dari itu, jenis bullying ini sering dikenal sebagai penindasan terselubung (covert bullying). Tujuannya adalah untuk merusak reputasi seseorang dalam lingkungan sosial.

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x